5 Presiden di Dunia yang Selalu Mendukung Genosida oleh Israel pada Warga Palestina

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 13:15 WIB
loading...
A A A

1. Amerika Serikat


AS sejauh ini merupakan pemasok senjata terbesar bagi Israel, setelah membantunya membangun salah satu militer paling canggih secara teknologi di dunia.

Menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), AS menyumbang 69% dari impor senjata konvensional utama Israel antara tahun 2019 dan 2023.

AS memberi Israel bantuan militer tahunan sebesar USD3,8 miliar berdasarkan perjanjian 10 tahun yang dimaksudkan untuk memungkinkan sekutunya mempertahankan apa yang disebutnya "keunggulan militer kualitatif" atas negara-negara tetangga.

Israel telah menggunakan hibah tersebut untuk membiayai pesanan F-35 Joint Strike Fighters, pesawat siluman yang dianggap paling canggih yang pernah dibuat.

Sejauh ini, Israel telah memesan 75 unit dan menerima lebih dari 30 unit pesawat. Israel adalah negara pertama selain AS yang menerima F-35 dan yang pertama menggunakannya dalam pertempuran.

Sebagian dari bantuan tersebut, USD500 juta per tahun, disisihkan untuk mendanai program pertahanan rudal, termasuk sistem Iron Dome, Arrow, dan David's Sling yang dikembangkan bersama.

Israel mengandalkan mereka selama perang untuk mempertahankan diri dari serangan roket, rudal, dan pesawat nirawak oleh kelompok bersenjata Palestina di Gaza, serta kelompok bersenjata lain yang didukung Iran yang bermarkas di Lebanon, Suriah, Irak, dan Yaman.

Beberapa hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, Presiden Joe Biden mengatakan AS "memberikan bantuan militer tambahan" kepada Israel.

Sejak dimulainya perang, hanya dua penjualan militer AS ke Israel yang telah dipublikasikan setelah menerima persetujuan darurat, satu untuk 14.000 butir amunisi tank senilai USD106 juta dan yang lainnya untuk komponen senilai USD147 juta untuk membuat peluru artileri 155 mm.

Namun, media AS melaporkan pemerintahan Presiden Joe Biden juga diam-diam telah melakukan lebih dari 100 penjualan militer ke Israel, sebagian besar di bawah jumlah dolar yang mengharuskan Kongres untuk diberitahu secara resmi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)