India Diproyeksikan Salip China untuk Menjadi Pasar Kendaraan Roda Dua Terbesar Dunia

Rabu, 28 Agustus 2024 - 17:24 WIB
loading...
India Diproyeksikan...
India diproyeksikan salip China untuk menjadi pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Foto/Northeast Herald
A A A
NEW DELHI - Perusahaan riset pasar teknologi global, Counterpoint Research, dalam laporan terbarunya menyebutkan bahwa India diproyeksikan melampaui China untuk menjadi pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia pada 2024.

Menurut Pelacak Penjualan Kendaraan Roda Dua Global Counterpoint, penjualan kendaraan roda dua (2W) tumbuh kurang dari 1 persen tahun-ke-tahun (YoY) pada 2023, sementara pasar kendaraan roda dua global sebagian besar terkonsentrasi di negara-negara Asia seperti China, India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Ke depannya, lanjut laporan tersebut, segmen pasar kendaraan roda dua listrik (E2W) akan mengalami pertumbuhan lebih lanjut, dengan lebih dari seperempat kendaraan roda dua yang terjual pada tahun 2024 diperkirakan bertenaga baterai.

Mengomentari dinamika pasar, analis senior Soumen Mandal mengatakan, “Pertumbuhan ekonomi, preferensi konsumen terhadap kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak pendek, dan meningkatnya permintaan kendaraan roda dua di ruang mobilitas bersama akan membantu India menyalip China.”



“Pasar kendaraan roda dua sedang menuju kematangan, tetapi adopsi elektrifikasi diperkirakan akan meningkat secara signifikan, terutama setelah tahun 2025. Khususnya, negara-negara Asia Tenggara dan India akan menyaksikan adopsi umum kendaraan roda dua dengan transisi yang lebih cepat ke kendaraan listrik di pasar-pasar ini,” kata Mandal, seperti dikutip dari Times Kuwait, Rabu (28/8/2024).

“Penetrasi kendaraan roda dua di pasar kendaraan roda dua dunia secara keseluruhan diperkirakan akan tumbuh hingga 1,5 kali lipat dari penjualan kendaraan roda empat penumpang kendaraan listrik pada tahun 2024. China saat ini memimpin pasar kendaraan roda dua dalam hal volume, diikuti oleh India dan Vietnam,” imbuh dia.

Pasar E2W yang sedang berkembang didominasi oleh Yadea, AIMA, TAILG, Sunra, dan Luyuan, yang bersama-sama menguasai lebih dari 70 persen dari total penjualan pada akhir 2023.

Semua merek ini adalah produsen EV “utama” atau greenfield yang berasal dari China, yang menyoroti posisi dominan negara tersebut di pasar E2W. Di antara 10 teratas, tiga merek E2W berasal dari India—Ola Electric, TVS Motor, dan Ather Energy, yang mencerminkan kehadiran India yang sedang berkembang di pasar E2W.

Ola dan Ather juga merupakan perusahaan 2W “utama” greenfield yang menantang para pemain lama seperti TVS, Hero, dan Bajaj.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)