Anggota Kartel dan Geng Kriminal Akan Direkrut Jadi Tentara Haiti

Rabu, 28 Agustus 2024 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Haiti belum mengatakan berapa banyak tentara yang ingin direkrut atau berapa banyak yang telah mendaftar sejauh ini, tetapi dokumen yang dipublikasikan secara daring oleh Kementerian Pertahanan menunjukkan bahwa sedikitnya 3.000 orang telah dipilih pada pertengahan Agustus dan diminta untuk menyerahkan dokumen sambil menunggu tes fisik dan mental.

Jika semuanya dipekerjakan, jumlah itu akan lebih dari dua kali lipat kekuatan pasukan yang berjumlah 2.000 orang pada awal tahun lalu.

Sekitar 60% dari populasi Haiti yang berjumlah hampir 12 juta orang berpenghasilan kurang dari USD2 sehari, dengan inflasi yang melonjak hingga dua digit dalam beberapa tahun terakhir.

“Kebanyakan anak muda tidak bekerja,” kata Emerson Celadon, seorang mekanik berusia 25 tahun yang mendaftar dan terpilih untuk putaran berikutnya. “Saya menghasilkan sejumlah uang, tetapi … itu masih belum cukup untuk keluarga beranggotakan empat orang.”

Tidak jelas berapa penghasilan tentara, Menteri Pertahanan Jean-Marc Bernier Antoine tidak membalas pesan untuk dimintai komentar. Namun, Celadon mengatakan teman-temannya di ketentaraan mengatakan kepadanya bahwa mereka menghasilkan sekitar $300 per bulan.

Pada suatu sore baru-baru ini, Celadon bergabung dengan ratusan pria muda yang berbaris di luar bekas pangkalan PBB, dengan amplop kuning di bawah lengannya, menunggu untuk mengikuti tes pertama dari beberapa tes yang diwajibkan untuk bergabung dengan ketentaraan.

Angkatan bersenjata Haiti pernah ditakuti dan dibenci secara luas, dengan para prajurit dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan. Militer mengorganisir beberapa kudeta pada paruh kedua abad ke-20, bahkan setelah apa yang disebut "diktator seumur hidup" François Duvalier melemahkan kekuatannya.

Setelah kudeta terakhir pada tahun 1991, untuk menggulingkan mantan Presiden Jean-Bertrand Aristide, pemerintah membubarkan angkatan bersenjata pada tahun 1995. Saat itu, ada sekitar 7.000 tentara.

"Keputusan untuk mendemobilisasi tentara ... terbukti menjadi salah satu keputusan paling buruk dalam sejarah negara itu," kata Michael Deibert, penulis dua buku tentang Haiti. Ia mencatat bahwa, sebagai hasilnya, generasi pertama geng yang berpihak pada politik berakar pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

"Mereka melangkah ke dalam kekosongan keamanan yang ditinggalkan oleh apa yang seharusnya menjadi pasukan keamanan, yang perannya tidak pernah dapat sepenuhnya diambil alih oleh polisi Haiti," kata Deibert.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)