Siapa yang Menang Jika AS-China Perang Nuklir? Ini Analisanya

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:15 WIB
loading...
Siapa yang Menang Jika...
Para analis telah mensimulasikan potensi perang nuklir AS-China. Foto/The Sun
A A A
WASHINGTON - Sudah cukup buruk untuk merenungkan perang di Asia. Lebih suram lagi untuk memikirkan perang nuklir.

Namun, seseorang harus melakukannya. Jadi, Andrew Metrick, Philip Sheers, dan Stacie Pettyjohn, semuanya dari Centre for a New American Security (CNAS), sebuah lembaga think tank di Washington, baru-baru ini mengumpulkan sekelompok pakar untuk memainkan latihan simulasi—sejenis permainan perang—untuk mengeksplorasi bagaimana perang nuklir China-Amerika Serikat (AS) dapat terjadi. Hasilnya tidak menggembirakan.

Dalam skenario latihan, tahun 2032 dan perang di Taiwan telah berkecamuk selama 45 hari. China menggunakan senjata nuklir "teater"—dengan jangkauan yang lebih pendek dan hasil yang lebih kecil daripada rudal "strategis" penghancur kota—untuk memperpendek perang dengan memaksa Amerika agar tunduk.



Sasarannya meliputi Guam dan Atol Kwajalein—sepasang pulau yang vital bagi posisi militer Amerika di Pasifik—serta kelompok penyerang kapal induk Amerika.

Itu sangat masuk akal. Salah satu alasannya adalah geografi medan perang Asia.

Selama Perang Dingin, Amerika dan Uni Soviet sama-sama berencana untuk menggunakan banyak senjata nuklir taktis untuk menghancurkan formasi pasukan yang besar dan tersebar, sering kali di sekitar kota-kota.

"Saat ini di Pasifik," tulis para analis tersebut, "kapal Angkatan Laut di laut dan pangkalan udara militer di pulau-pulau kecil merupakan sasaran yang sangat berbeda."

Lebih sedikit senjata nuklir yang dibutuhkan dan akan ada lebih sedikit kerugian warga sipil daripada dalam serangan Perang Dingin.

Itu terkait dengan alasan kedua: evolusi persenjataan. Kebanyakan orang, tidak masuk akal, menganggap senjata konvensional kurang eskalatif dan dengan demikian lebih dapat digunakan daripada senjata nuklir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)