PM Baru Thailand Melanjutkan Legasi Thaksin Shinawatra

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:40 WIB
loading...
A A A
Tahun lalu, untuk pertama kalinya, sebuah partai di bawah kendalinya gagal menjadi yang pertama dalam pemilihan nasional, sehingga posisi teratas jatuh ke tangan Partai Move Forward, yang kebijakan progresifnya berhasil menarik pemilih muda.

Namun, di balik layar, dengan bantuan kekuatan konservatif yang pernah menjatuhkannya, Thaksin dilaporkan merekayasa kesepakatan yang memungkinkannya kembali dari pengasingan dan membekukan Move Forward, menempatkan Pheu Thai sebagai kepala pemerintahan koalisi baru.

Ketika Thaksin kembali ke Thailand Agustus lalu, Paetongtarn adalah yang paling menonjol di antara anggota keluarga yang muncul bersamanya.

Spekulasi bahwa ia akan menduduki posisi Kabinet terbukti tidak berdasar. Sebaliknya, ia mengambil peran untuk mempromosikan "kekuatan lunak" Thailand, dengan menonjolkan nilai jual nasional seperti makanan, budaya, olahraga, dan parade Pride di Bangkok.

Posisi politiknya menguat secara signifikan pada bulan Oktober ketika ia terpilih sebagai pemimpin Pheu Thai. Langkah tersebut menegaskan kembali dominasi terang-terangan keluarga Shinawatra atas partai tersebut dan membuat upaya masa depan untuk menduduki jabatan perdana menteri hampir tak terelakkan.

Ternyata, kesempatan itu datang lebih cepat daripada lambat.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)