PM Baru Thailand Melanjutkan Legasi Thaksin Shinawatra

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:40 WIB
loading...
A A A
Ketika ditanya apakah dia akan menjadi politisi atau kandidat perdana menteri, dia mengatakan kepada wartawan: "Saya merasa lebih aman menjadi penasihat daripada politisi. Saya ingin membuat proyek saya berhasil. Untuk hal-hal lain, saya belum siap."


3. Selalu Membuat Kejutan

PM Baru Thailand Melanjutkan Legasi Thaksin Shinawatra

Foto/AP

Namun, para pengamat politik dapat membaca tanda-tandanya.

Pengangkatan Paetongtarn menunjukkan bahwa Thaksin tetap berpengaruh di Pheu Thai dan telah menjadi pengambil keputusan utamanya, kata Kovit Wongsurawat, seorang profesor madya di sekolah hukum di Universitas Assumption Bangkok.

“Sebelumnya, Thaksin membiarkan orang-orang di luar keluarganya menjalankan partai dan tampaknya tidak ada yang membaik,” kata Kovit, merujuk pada saat Thaksin berada di pengasingan. “Saya tidak terkejut bahwa ia membiarkan putrinya mengambil posisi ini. Tidak mudah baginya untuk menemukan seseorang yang benar-benar dapat dipercaya.”

Melansir AP, pada akhir tahun 2022, saat Thailand bersiap untuk pemilihan umum, Paetongtarn mengangkat profilnya, berbicara seperti seorang kandidat perdana menteri. Pheu Thai menobatkannya sebagai salah satu dari tiga kandidat perdana menteri resminya menjelang pemilihan umum.

“Empat tahun ke depan akan menjadi tahun-tahun di mana negara kita akan bangkit kembali dan mendapatkan kembali martabat dan harga diri kita,” kata Paetongtarn pada rapat umum kampanye. “Berpikir besar dan bertindak cerdas akan membantu membangun kembali negara kita dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat Thailand — seolah-olah itu adalah sebuah keajaiban. Hanya stabilitas politik yang akan membantu kita.”

4. Mewujudkan Perubahan Kepemimpinan Negara

Paetongtarn menguraikan proposal yang menurutnya akan menguntungkan warga Thailand biasa, termasuk menggandakan upah minimum harian, memperluas cakupan perawatan kesehatan, dan mengurangi tarif pada sistem transportasi umum Bangkok.

“Yang harus kita lakukan adalah bekerja sama untuk mengubah kepemimpinan negara,” katanya.

5. Belajar dari Ayahnya

Pengamat dapat melihat bahwa ia belajar dari ayahnya.

“Ia terhubung dengan para pemilih, basisnya. Saya pikir, ia juga memiliki beberapa bakat yang mungkin diwarisi dari ayahnya dalam hal menyampaikan pidato, terhubung dengan para pemilih, berbicara di depan banyak orang, dan menjalankan kampanye, saat sedang hamil,” kata Thitinan Pongsudhirak, seorang profesor ilmu politik di Universitas Chulalongkorn Bangkok. “Ia jelas-jelas cocok menjadi perdana menteri.”

Meskipun Thaksin, dengan kekayaan dan popularitasnya, tetap menjadi salah satu operator politik papan atas Thailand, waktu telah melemahkan cengkeramannya, meski hanya sedikit.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)