Apa Itu Tujuan Permainan Menunggu yang Dilakukan Iran?

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 23:55 WIB
loading...
Apa Itu Tujuan Permainan...
Iran memainkan permainan menunggu dalam aksi balas dendam kepada Israel. Foto/EPA
A A A
TEHERAN - Iran melancarkan serangan balasan langsung pertamanya terhadap negara Israel pada bulan April setelah pengeboman konsulat Iran di Damaskus, Suriah. Meskipun tanggapan itu dianggap terukur oleh para analis, kecil kemungkinan Iran akan menarik serangannya setelah pembunuhan pemimpin politik Hamas di Teheran.

"Saat dunia menunggu tanggapan Iran atas pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, penantian itu sendiri menunjukkan pembalasan akan datang dalam bentuk serangan besar," kata jurnalis independen Jim Kavanagh kepada Sputnik.

Sejak pembunuhan Haniyeh, serta pembunuhan komandan Hizbullah Fuad Shukr, baik pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan kepala Hizbullah Hassan Nasrallah telah berjanji untuk menanggapi.

Saat Khamenei mengeluarkan perintah untuk serangan langsung selama pertemuan darurat setelah pembunuhan itu, Nasrallah telah menjanjikan "tanggapan yang berdampak dan efektif." Laporan telah mengindikasikan bahwa permainan menunggu adalah bagian dari tanggapan.

Apa Itu Tujuan Permainan Menunggu yang Dilakukan Iran?

1. Memantik Banyak Spekulasi

"Semakin lama mereka menunggu, menurut saya - sekali lagi, kita semua menebak, kita semua berspekulasi, saya tidak tahu apa yang terjadi ... tetapi menurut saya semakin lama mereka menunggu itu berarti mereka lebih serius mempersiapkan diri," kata Kavanagh kepada Critical Hour Radio Sputnik pada hari Jumat.

"Mereka bersiap untuk apa yang akan mereka lakukan secara ofensif dan mereka bersiap untuk apa yang dapat mereka lakukan secara defensif."

2. Menduga Akan Ada Serangan Besar

"Menurut saya, ini akan menjadi serangan besar dan, seperti yang Anda katakan, mereka tidak menanggapi seruan Amerika dan Eropa untuk mengatakan, 'oh, tolong jangan lakukan ini,' atau 'tolong jangan lakukan itu,' atau 'Anda mungkin akan memulai perang besar.' Mereka mengatakan jika perang besar terjadi seperti ini, Anda seharusnya sudah memulainya, Anda seharusnya menahan Israel beberapa minggu yang lalu, beberapa bulan yang lalu dan itu masalah mereka," tegas jurnalis itu.


3. Memainkan Nasib Israel

"Akhir dari semua ini, berapa pun lamanya, apa pun yang dimulai, akan menjadi situasi di mana Israel akan terus membunuh siapa pun yang diinginkannya, berapa pun jumlah orang yang diinginkannya, di mana pun ia inginkan, dengan cara apa pun yang diinginkannya, atau - dalam hal ini Israel akan memenangkan kemenangan strategis - atau akan ada situasi, yang akan menjadi yang pertama, di mana Israel akan terluka parah sehingga terpaksa mundur dari membunuh siapa pun yang diinginkannya, kapan pun ia mau," kata Kavanagh.

"Sulit bagi saya untuk melihat bagaimana kedua belah pihak akan menerima salah satu dari hasil tersebut, tetapi juga sulit bagi saya bagaimana kedua belah pihak akan berhenti bertempur sampai dipaksa untuk menerima salah satu dari hasil tersebut. Jadi, kita berada dalam situasi yang sangat, sangat, berbahaya," kata Kavanagh.

4. Memainkan Sekutu Utama Israel, AS

Ketika ditanya tentang keterlibatan AS dalam masalah ini, sesama tamu Steve Poikonen, yang menjadi pembawa acara AM WakeUp dan SlowNewsDay, mengatakan tidak ada keraguan bahwa AS adalah pihak dalam konflik tersebut. "Benar sekali," katanya.

AS baru-baru ini mengumumkan akan mengerahkan kapal induk USS Gerald Ford dan USS Eisenhower ke Timur Tengah untuk membela Israel, bersama dengan kapal pendukung dan sekitar 2.000 Marinir AS. Ini, di samping paket bantuan dan bantuan intelijen selama berbulan-bulan yang telah diberikan.

"Bukan berarti kita tidak mendanai semua ini dan membuatnya mungkin sehingga Israel dapat mempersenjatai kembali setiap dua minggu, tetapi sekarang kita, sekali lagi, secara aktif menempatkan lebih banyak pasukan ke wilayah tersebut. Saat ini kita memiliki pasukan di wilayah tersebut, kita akan membawa lebih banyak pasukan ke wilayah tersebut - itu adalah eskalasi dari segi apa pun," tegas Poikonen.

"Jadi, Iran memiliki kemampuan, Hizbullah memiliki kemampuan dan Houthi memiliki kemampuan untuk membuat ini sangat mahal bagi AS dan Israel dengan sangat, sangat, cepat."

5. Poros Perlawanan Akan Bersatu

Kavanagh menyatakan "penting bagi semua orang untuk menyadari bahwa ini untuk melindungi proyek Zionis." "Kami tidak memiliki perjanjian dengan Israel yang mewajibkan kami untuk melakukan ini atau memberi wewenang kepada kami untuk melakukan ini. Sekali lagi, ini adalah perang yang tidak dideklarasikan lagi, bukan untuk demokrasi, bukan untuk proyek zionis," katanya. "Namun, ini mengerikan dan baru saja terjadi dan, Anda tahu, ini akan merugikan Amerika Serikat, ekonomi dunia."

Kavanagh menekankan bahwa konflik tersebut perlu diselesaikan dengan cara yang "menetapkan paradigma baru dan menetapkan sesuatu yang dapat stabil dan aman setidaknya selama 10 tahun ke depan," tetapi untuk mencapainya, "akan dibutuhkan pertempuran yang menentukan untuk melakukannya."

Dia mengungkapkan itu akan melibatkan semua Poros Perlawanan, bukan hanya Iran dan Houthi dan Hizbullah, seluruh Poros Perlawanan dan Amerika Serikat dan Israel, dan kita akan melihat senjata nuklir digunakan oleh Israel.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)