Siapakah Muhammad Yunus? Pemimpin Pemerintahan Sementara Bangladesh yang Pernah Mendapatkan Nobel

Rabu, 07 Agustus 2024 - 20:05 WIB
loading...
A A A
“Saya merasa sulit untuk mengajarkan teori-teori ekonomi yang elegan di ruang kelas universitas, di tengah kelaparan yang mengerikan di Bangladesh. Tiba-tiba, saya merasakan kekosongan teori-teori itu di tengah kelaparan dan kemiskinan yang menghancurkan,” kata Yunus dalam ceramah Nobelnya tahun 2006 setelah menerima penghargaan tersebut.

“Saya ingin melakukan sesuatu yang segera untuk membantu orang-orang di sekitar saya, meskipun itu hanya satu manusia, untuk menjalani hari lain dengan sedikit lebih mudah,” katanya.

Dia mulai memberikan pinjaman kecil dari kantongnya sendiri kepada penduduk termiskin di komunitasnya – akhirnya mendirikan Grameen Bank pada tahun 1983, yang kemudian menjadi pemimpin dunia dalam mengurangi kemiskinan melalui pinjaman mikro.

Bank tersebut tumbuh dengan cepat, dengan berbagai cabang dan model serupa yang kini beroperasi di seluruh dunia.


3. Meraih Nobel Perdamaian pada 2006

Siapakah Muhammad Yunus? Pemimpin Pemerintahan Sementara Bangladesh yang Pernah Mendapatkan Nobel

Foto/EPA

Melansir CNN, Yunus dan Grameen Bank dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2006, setelah memberikan pinjaman sekitar $6 miliar untuk perumahan, pinjaman mahasiswa dan usaha mikro, dan khususnya untuk mendukung perempuan Bangladesh.

Ia juga pendiri Yunus Centre, lembaga pemikir yang berbasis di Dhaka yang membantu mengembangkan bisnis sosial baru.

Beberapa kritikus memandang Yunus dan Grameen Bank dengan skeptis, dengan alasan bahwa suku bunga tinggi beberapa pemberi pinjaman mikro telah membuat peminjam miskin karena pemberi pinjaman memperoleh keuntungan besar dari pinjaman kecil.

Yunus telah menepis klaim tersebut, dengan mengatakan kepada CNN awal tahun ini bahwa Grameen Bank tidak bertujuan untuk menghasilkan uang – tetapi untuk membantu orang miskin dan memberdayakan usaha kecil.

4. Berulang Kali Diancam oleh Sheikh Hasina

Siapakah Muhammad Yunus? Pemimpin Pemerintahan Sementara Bangladesh yang Pernah Mendapatkan Nobel

Foto/EPA

Selama bertahun-tahun, Yunus telah berulang kali berhadapan langsung dengan mantan perdana menteri Hasina – yang menuduhnya “menghisap darah orang miskin,” menurut Reuters.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)