Masjid 139 Tahun yang Bersejarah di Afrika Selatan Terbakar Hebat

Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:27 WIB
loading...
Masjid 139 Tahun yang Bersejarah di Afrika Selatan Terbakar Hebat
Masjid Grey City yang bersejarah di tenggara Durban, Afrika Selatan, terbakar hebat, Senin (24/8/2020). Foto/Khaleej Times
A A A
DURBAN - Kebakaran hebat melanda Masjid Grey Street yang berusia 139 tahun di kota pelabuhan tenggara Durban, Afrika Selatan, pada hari Senin.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Masjid Grey Street merupakan salah satu yang terbesar di Afrika.

Ketua Jaringan Muslim Afrika Selatan, Faisal Suliman, meyakini kebakaran dimuli di salah satu dari tujuh flat staf yang terletak di atas masjid dan mungkin disebabkan oleh gangguan listrik.

"Itu dianggap tidak disengaja, dan tidak ada permainan curang," kata Suliman kepada kantor berita AFP, Selasa (25/8/2020). Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa. (Baca juga: Gedung Kejaksaan Agung Indonesia Terbakar )

Beberapa video yang di-posting di Twitter menunjukkan kerumunan orang berkumpul ketika kobaran api mengamuk melalui lantai atas gedung dua lantai di distrik pusat bisnis kota pelabuhan tenggara Duban.

Beberapa orang melalui media sosial untuk mengungkapkan kesedihan tentang kebakaran di bangunan bersejarah, yang dapat menampung hingga 7.000 jamaah tersebut.

Petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api dalam waktu sekitar dua jam.

Juru bicara layanan darurat Robert Mckenzie mengatakan kepada AFP bahwa kebakaran juga merusak tiga bangunan yang berdekatan.

Masjid ini merupakan landmark pusat kota Durban dan rumah ibadah yang dihadiri banyak orang.

Selain menjadi tempat salat Jumat, masjid ini juga dikunjungi oleh tokoh-tokoh terkemuka termasuk ikon anti-apartheid Nelson Mandela, penyanyi Inggris Yusuf Islam, yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens, dan superstar tinju Muhammad Ali.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)