Sepak Terjang Sheikh Hasina Wazed, dari Muslimah yang Suka Bertempur hingga Berstatus Diktator

Senin, 05 Agustus 2024 - 18:55 WIB
loading...
A A A
Pendapatan per kapitanya meningkat tiga kali lipat dalam dekade terakhir dan Bank Dunia memperkirakan bahwa lebih dari 25 juta orang telah terangkat dari kemiskinan dalam 20 tahun terakhir.

Sebagian besar pertumbuhan ini didorong oleh industri garmen, yang menyumbang sebagian besar total ekspor dari Bangladesh dan telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, memasok pasar di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Dengan menggunakan dana negara sendiri, pinjaman, dan bantuan pembangunan, pemerintahan Hasina telah melaksanakan proyek infrastruktur besar, termasuk jembatan Padma senilai $2,9 miliar yang melintasi Sungai Gangga.

5. Haus Kekuasaan

Sepak Terjang Sheikh Hasina Wazed, dari Muslimah yang Suka Bertempur hingga Berstatus Diktator

Foto/EPA

Protes terbaru adalah tantangan paling serius yang dihadapi Hasina sejak menjabat, dan menyusul pemilihan yang sangat kontroversial di mana partainya terpilih kembali untuk masa jabatan parlemen keempat berturut-turut. Di tengah meningkatnya seruan agar dia mengundurkan diri, dia tetap bersikap menantang. Dia mengutuk para agitator sebagai "teroris" dan meminta dukungan untuk "menekan para teroris ini dengan tangan besi".

Kerusuhan terbaru di Dhaka dandimulai dengan tuntutan untuk menghapus kuota dalam pekerjaan pegawai negeri tetapi berubah menjadi gerakan antipemerintah yang lebih luas.

Setelah pandemi, Bangladesh telah berjuang dengan meningkatnya biaya hidup. Inflasi telah meroket, cadangan devisanya telah turun drastis, dan utang luar negerinya telah berlipat ganda sejak 2016.

Para kritikus menyalahkan hal ini pada salah urus pemerintah Hasina, dan mengatakan bahwa keberhasilan ekonomi Bangladesh sebelumnya hanya membantu mereka yang dekat dengan Liga Awami Hasina karena korupsi endemik.

Mereka juga mengatakan kemajuan negara itu telah mengorbankan demokrasi dan hak asasi manusia, dan menuduh bahwa pemerintahan Hasina telah ditandai oleh tindakan otoriter yang represif terhadap lawan politiknya, para pencela, dan media.

Pemerintah dan Hasina telah membantah tuduhan tersebut.

6. Menangkap Tokoh Oposisi

Sepak Terjang Sheikh Hasina Wazed, dari Muslimah yang Suka Bertempur hingga Berstatus Diktator

Foto/EPA

Mengapa pemerintah Bangladesh menghadapi begitu banyak kemarahan? Namun dalam beberapa bulan terakhir, banyak pemimpin senior dari BNP ditangkap, bersama dengan ribuan pendukungnya menyusul protes antipemerintah - sebuah perubahan yang luar biasa bagi seorang pemimpin yang pernah memperjuangkan demokrasi multipartai.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)