5 Proksi Iran yang akan Membantai Israel Setelah Kematian Haniyeh

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A
Sejak saat itu golongan Syiah mulai menyebar luas di Yaman, ketimbang Sunni. Pemerintahan Trump dilaporkan mempertimbangkan menetapkan Houthi sebagai Organisasi Teroris Asing pada bulan November 2018 dan pada bulan September 2020 untuk meningkatkan tekanan terhadap Iran.

Pada saat perang Hamas dan Israel pecah di akhir 2023, Houthi jadi proksi Iran yang paling gencar melakukan serangan ke Israel.

Serangan yang mereka lakukan dimulai dari membajak sejumlah kapal Israel yang melintasi Laut Merah.

4. Hamas


Hamas menjadi salah satu milisi Sunni yang menjadi proksi Iran. Mereka dilaporkan didanai, dipersenjatai dan dilatih oleh Garda Revolusi Iran sejak awal tahun 1990-an.

Pemerintah AS memberikan sanksi kepada Hamas pada tahun 1995, menetapkannya sebagai Organisasi Teroris Asing pada tahun 1997 dan menamakannya sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus pada tahun 2001.

Pemerintah AS juga telah menerapkan beberapa sanksi terhadap 21 pemimpin senior dan agennya.

Pada tahun 2012, Iran sempat menghentikan pendanaan untuk Hamas setelah menolak mendukung rezim Assad dalam perang saudara di Suriah.

Namun Teheran kembali melanjutkan bantuan keuangan kepada Hamas pada tahun 2017.

Iran telah memberikan lebih dari USD100 juta setiap tahunnya kepada kelompok-kelompok Palestina, termasuk Hamas dan Jihad Islam Palestina, Departemen Luar Negeri AS melaporkan pada tahun 2020.

5. Jihad Islam Palestina


Jihad Islam Palestina adalah kelompok Islam Sunni di Gaza yang didanai, dilatih dan dipersenjatai oleh Iran sejak akhir tahun 1980an. Meskipun berbasis di Damaskus, mereka telah lama mempunyai kantor di Teheran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)