Eskalasi Timur Tengah Terus Memanas, Banyak Negara Meminta Warganya Tinggalkan Lebanon

Minggu, 04 Agustus 2024 - 17:28 WIB
loading...
Eskalasi Timur Tengah...
Hizbullah melancarkan serangan ke wilayah Israel sehingga banyak negara meminta warganya tinggalkan Lebanon. Foto/EPA
A A A
BEIRUT - Beberapa negara telah mendesak warga negaranya untuk meninggalkan Lebanon . Bahkan, Amerika Serikat (AS) memperingatkan warganya untuk melakukannya dengan "tiket apa pun yang tersedia" - karena kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Timur Tengah meningkat.

Iran telah bersumpah untuk melakukan pembalasan "keras" terhadap Israel, yang disalahkannya atas kematian kepala politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada hari Rabu. Israel belum berkomentar.

Pembunuhannya terjadi beberapa jam setelah Israel membunuh komandan senior Hizbullah Fuad Shukr di Beirut. Pejabat Barat khawatir bahwa Hizbullah, milisi dan gerakan politik yang didukung Iran yang bermarkas di Lebanon, dapat memainkan peran kunci dalam pembalasan semacam itu, yang pada gilirannya dapat memicu respons serius Israel.

Upaya diplomatik oleh AS dan negara-negara Barat lainnya terus berupaya meredakan ketegangan di seluruh kawasan.

Namun, menanggapi kekhawatiran tersebut, AS, Inggris, Swedia, Prancis, Kanada, dan Yordania mendesak warga negara mereka untuk meninggalkan Lebanon sesegera mungkin, karena semakin banyak penerbangan yang dibatalkan atau ditangguhkan di satu-satunya bandara komersial negara itu di Beirut.

BBC melaporkan, beberapa harga tiket maskapai penerbangan telah melonjak, tetapi tidak ada tanda-tanda kepanikan atau orang-orang yang berebut untuk pergi.

Kekhawatiran akan meningkatnya permusuhan yang dapat melanda Lebanon mencapai titik tertinggi sejak Hizbullah memulai serangannya terhadap Israel, sehari setelah serangan mematikan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober, untuk mendukung warga Palestina di Gaza.

Sebagian besar kekerasan telah dibatasi di wilayah perbatasan, dengan kedua belah pihak menunjukkan tidak tertarik pada konflik yang lebih luas. Namun, Hizbullah telah bersumpah untuk menanggapi pembunuhan Shukr, yang terjadi di Dahiyeh, benteng kelompok itu di pinggiran selatan Beirut.

Pada hari Minggu, Hizbullah meluncurkan puluhan roket ke kota Beit Hillel di Israel utara sekitar pukul 00:25 waktu setempat (21:25 GMT Sabtu).

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan sistem pertahanan udara Iron Dome Israel mencegat roket tersebut. Tidak ada laporan korban jiwa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)