Apa Dampak Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh bagi Israel?

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Namun pembunuhan Haniyeh telah membantu memulihkan kepercayaan banyak orang Israel pada aparat keamanan dan intelijen mereka, menurut Ori Goldberg, komentator dan analis Israel.

“Serangan ini memberi kehidupan baru pada jajaran tinggi tentara Israel. Mereka berkata, ‘Hei, kita masih bisa melakukan banyak hal dan kita tidak setidak kompeten yang terlihat’,” ujar Goldberg kepada Al Jazeera.

“Namun pembunuhan Haniyeh di Teheran merupakan pukulan besar bagi harga diri Iran dan bukan sesuatu yang bisa diabaikan,” tegas dia.

Imad Salamey, ilmuwan politik dan sarjana di Universitas Amerika Lebanon, meyakini Iran dan "proksinya" yang merujuk pada kelompok bersenjata yang bersekutu dengan Iran akan merasa terdorong untuk menanggapi, menggemakan pandangan beberapa analis lainnya.

"(Serangan Israel) dapat memicu pembalasan terkoordinasi oleh proksi Iran di Lebanon, Yaman, dan Irak, dengan menggunakan senjata yang lebih canggih dan mematikan," papar dia.

"Namun, Iran kemungkinan akan mendukung konflik dengan intensitas rendah, yang bertujuan menyeret Israel ke dalam perang atrisi yang berkepanjangan dan mahal."

Amerika Serikat memikul tanggung jawab terbesar karena membiarkan Israel berpotensi menggagalkan perundingan gencatan senjata Gaza dan memicu eskalasi regional, menurut Omar Rahman, pakar Israel-Palestina untuk Dewan Hubungan Luar Negeri Timur Tengah di Doha, Qatar.

"Karena dukungan AS yang tanpa syarat, Israel merasa berdaya untuk bertindak sesuai keinginannya dan manifestasi terbaru dari itu adalah peristiwa baru-baru ini di Beirut dan Teheran,” ujar Rahman kepada Al Jazeera.

“Dukungan AS (terhadap Israel) adalah salah satu faktor utama di balik semua yang terjadi sejak 7 Oktober, dan ancaman perang regional juga berasal dari sana,” pungkas dia.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)