5 Kekejaman 6 Mantan Taruna Malaysia yang Dihukum Gantung dalam Kasus Pembunuhan

Kamis, 25 Juli 2024 - 18:15 WIB
loading...
5 Kekejaman 6 Mantan...
6 mantan taruna Malaysia dihukum gantung karena menyiksa kawan mereka hingga meninggal dunia. Foto/Bernama
A A A
KUALA LUMPUR - Pengadilan Malaysia menjatuhkan hukuman mati kepada enam mantan mahasiswa Universitas Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM) atas pembunuhan kadet angkatan laut berusia 21 tahun Zulfarhan Osman Zulkarnain, yang terjadi tujuh tahun lalu.

Enam terdakwa dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung setelah Pengadilan Banding membatalkan hukuman penjara 18 tahun yang sebelumnya dijatuhkan oleh Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur.

Keenam terdakwa, yang kini berusia 28 tahun, adalah Muhammad Akmal Zuhairi Azmal, Muhammad Azamuddin Mad Sofi, Muhammad Najib Mohd Razi, Muhammad Afif Najmudin Azahat, Mohamad Shobirin Sabri, dan Abdoul Hakeem Mohd Ali.

5 Kekejaman 6 Mantan Taruna Malaysia yang Dihukum Gantung dalam Kasus Pembunuhan

1. Kekejaman yang Paling Langka

Hakim Hadhariah Syed Ismail - yang memimpin panel tiga hakim - menyampaikan putusan setebal 93 halaman selama lebih dari tiga jam, menekankan bahwa kasus tersebut merupakan salah satu bentuk kekejaman yang paling langka dan paling ekstrem.

“Kasus ini termasuk yang paling langka dari yang langka, yang melibatkan kekejaman ekstrem yang menimbulkan bahaya besar bagi masyarakat, dan tindakan tidak manusiawi seperti itu harus dihentikan," ungkap Syed Ismail, dilansir CNA.

“Pengadilan tidak akan menoleransi insiden seperti itu. Orang tua mana yang sanggup menanggung penderitaan melihat anak kesayangan mereka disiksa sedemikian rupa hingga berujung pada kematian dalam kondisi yang mengerikan seperti itu?” katanya.

2. Banding yang Berujung Hukuman Gantung

Malay Mail melaporkan bahwa keenam orang tersebut sebelumnya telah mengajukan banding atas hukuman penjara 18 tahun yang dijatuhkan oleh Pengadilan Tinggi, dengan alasan bahwa mereka tidak berniat melakukan pembunuhan.

Mereka juga ingin hukuman penjara mereka dikurangi menjadi 10 hingga 12 tahun.

Namun, menurut Malay Mail, jaksa penuntut telah mengajukan banding atas keputusan Pengadilan Tinggi tentang hukuman penjara dan ingin Pengadilan Banding mengembalikan dakwaan pembunuhan yang awalnya dihadapi keenam orang tersebut.

Jaksa penuntut juga ingin mereka dijatuhi hukuman mati.

Pengadilan Banding pada hari Selasa mengembalikan dakwaan pembunuhan semula berdasarkan Pasal 302 KUHP.

Menurut kantor berita nasional Bernama, Hakim Hadhariah mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Penghapusan Hukuman Mati Wajib 2023 - yang mulai berlaku pada tanggal 16 Maret 2023 - hukuman untuk pembunuhan mencakup hukuman mati atau penjara tidak kurang dari 30 tahun dan tidak lebih dari 40 tahun, disertai dengan tidak kurang dari 12 kali cambukan tongkat.

Namun hakim Pengadilan Banding - yang meliputi Hakim Mohamed Zaini Mazlan dan Hakim Azmi Ariffin - sepakat dalam keputusan mereka bahwa "hanya satu" hukuman yang tepat.


3. Korban Disika dengan Besi Panas

Hakim Pengadilan Banding mencantumkan sembilan faktor yang berkontribusi terhadap hukuman berat terhadap enam terdakwa, Malay Mail melaporkan.

Ini termasuk fakta bahwa Zulfarhan tidak bersalah; bahwa tindakan lima terdakwa itu kejam karena tangan dan kaki korban diikat saat mereka menekan besi panas ke tubuhnya dan terus melakukannya meskipun korban menjerit kesakitan.

Mereka juga mencatat bahwa ada 90 bekas luka bakar di tubuhnya kecuali wajah dan punggung tangan; bahwa Tn. Zulfarhan disembunyikan dari para guru untuk menghindari ketahuan dan juga tidak membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis meskipun telah disarankan oleh dokter.

Menurut Malay Mail, Pengadilan Tinggi sebelumnya telah memutuskan untuk menghukum keenam terdakwa dengan dakwaan yang lebih ringan yaitu pembunuhan berencana karena merasa bahwa pengadilan terikat oleh keputusan pengadilan sebelumnya yang mengharuskan identifikasi cedera paling serius untuk menunjukkan niat untuk menyebabkan kematian guna menghukum seseorang atas pembunuhan.

Pengadilan Tinggi dalam putusannya mengatakan tidak diketahui cedera mana yang menyebabkan kematian Zulfarhan dan bahwa belum terbukti tanpa keraguan yang masuk akal bahwa cedera Zulfarhan biasanya cukup untuk menyebabkan kematian.

Namun Pengadilan Banding pada hari Selasa mengatakan keputusan Pengadilan Tinggi salah, menambahkan bahwa jaksa hanya perlu membuktikan bahwa keenam orang tersebut memiliki niat untuk menyebabkan cedera fisik.

Ditambahkan bahwa jaksa telah membuktikan keempat unsur dakwaan pembunuhan terhadap lima dari enam terdakwa. Tindakan mereka dimaksudkan untuk menyebabkan cedera pada Zulfarhan dengan "luka bakar parah", Malay Mail melaporkan, dan ini biasanya cukup untuk menyebabkan kematian.

Sementara itu, orang keenam - Abdoul Hakeem Mohd Ali - yang didakwa bersekongkol dalam kematian Zulfarhan, juga dinyatakan bersalah atas pembunuhan.

Meskipun ia tidak menekan besi panas pada tubuh Zulfarhan, Pengadilan Banding menemukan bahwa ia terlibat dalam kejahatan yang dilakukan oleh lima terdakwa lainnya seperti yang diperintahkannya.

4. Orang Tua Korban Sujud Syukur

Menyusul keputusan Pengadilan Banding dalam pembunuhan putra mereka, orang tua Zulfarhan melakukan "sujud syukur" - sujud syukur - dan mengatakan bahwa keadilan akhirnya ditegakkan untuk putra mereka.

"Kami bersyukur karena Allah telah mengabulkan doa saya dan istri saya sehingga kasus ini berujung pada hukuman mati,” kata Zulkarnain Idros seperti dikutip Bernama.

"Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Malaysia yang telah mengikuti perkembangan kasus ini dan kepada jaksa penuntut karena telah membuktikan adanya niat untuk membunuh."

5. Keluarga Terdakwa Tidak Pernah Meminta Maaf

Dalam unggahan Facebook pada hari Rabu, Hawa Osman menulis bahwa orang tua dari keenam terdakwa tidak pernah datang untuk meminta maaf kepada keluarganya atas kematian Zulfarhan.

"Anda menjadikan kami musuh Anda. Kami bahkan dimarahi karena mengenakan kaus bertuliskan logo 'Justice 4 Farhan'," tulis Hawa, yang menanggapi video TikTok yang mengatakan bahwa enam nyawa akan hilang, semuanya karena kematian satu orang.

"Sekarang, ketika putra Anda akan digantung, Anda mengatakan bahwa mereka hanya anak-anak yang nakal...."

Ia kemudian mengakhiri unggahannya dengan mengatakan bahwa tindakan keenam terdakwa itu kejam dan dilakukan tanpa sedikit pun rasa kemanusiaan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)