Inggris Bakal Kirim Marinir ke Teluk Persia

Minggu, 16 Juni 2019 - 08:48 WIB
Inggris Bakal Kirim Marinir ke Teluk Persia
Inggris Bakal Kirim Marinir ke Teluk Persia
A A A
LONDON - Angkatan Laut Inggris berencana untuk mengerahkan marinir ke Teluk Persia. Rencana ini mengemuka ditengah meningkatnya ketegangan dengan Iran setelah serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Pasukan elit dari Komando 42 yang berbasis di dekat Plymouth akan dikerahkan dalam latihan yang disiapkan sebelum serangan terhadap satu kapal Norwegia dan satu kapal tanker Jepang. Pasukan ini akan beroperasi dari kapal-kapal Angkatan Laut Inggris yang berpatroli di wilayah itu dari pangkalan angkatan laut Inggris di Bahrain, seperti dilansir The Sun dari Sunday Times, Minggu (16/6/2019).

Inggris mendukung Amerika Serikat (AS) dengan mengatakan bahwa Iran berada di balik serangan itu, dan menambahkan bahwa hampir pasti negara itu bertanggung jawab. Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt memperingatkan munculnya konsekuensi berpotensi bencana jika dapat dibuktikan Iran berada di belakang serangan itu.

"Penilaian kami [independen] membuat kami menyimpulkan bahwa tanggung jawab atas serangan itu hampir pasti terletak pada Iran," kata Hunt.

Serangan terbaru itu telah meningkatkan eskalasi antara AS dan Iran. Militer AS juga mengklaim Iran menembak drone mereka dengan rudal sebelum serangan kapal tanker itu terjadi.

Baca Juga: Iran Tembak Drone AS Beberapa Jam Sebelum Serangan Teluk Oman

Namun Iran membantah terlibat dalam serangan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)