Imam Masjidil Haram Kecam Serangan Terhadap Bandara Internasional Abha

Kamis, 13 Juni 2019 - 08:35 WIB
Imam Masjidil Haram Kecam Serangan Terhadap Bandara Internasional Abha
Imam Masjidil Haram Kecam Serangan Terhadap Bandara Internasional Abha
A A A
RIYADH - Imam Masjidil Haram Syekh Abdul Rahman al-Sudais mengecam keras serangan kelompok pemberontak Yaman, Houthi, yang menyasar Bandara Internasional al-Abha. Bandara ini digunakan oleh ribuan orang setiap harinya, warga sipil warga negara Arab Saudi maupun ekspatriat dari berbagai kewarganegaraan. Akibat serangan itu puluhan orang terluka.

Syekh Sudais menjelaskan bahwa serangan yang dilancarkan oleh kelompok Houthi, sebagaimana yang mereka akui dan umumkan di depan publik melalui media massa, merupakan pengakuan bahwa mereka bertanggung jawab penuh atas sasaran dan korban sipil yang dilindungi secara khusus oleh hukum internasional.

Menurutnya aksi agresif ini menunjukkan kerusakan akhlak dan buruknya niat Houhthi, sekaligus menyingkap rencana hina mereka dengan mengincar warga sipil. Ini adalah sebuah pelanggaran dan pelecehan terhadap semua nilai, peraturan dan konsensus internasional.

“Aksi teror agresif yang rendah ini tidak mungkin datang dari orang yang beragama atau membela sebuah prinsip, tidak ditolerir oleh syariah, adat atau norma apapun. Ia tak lain merupakan perusakan di muka bumi, terorisme yang penuh dosa dan kriminalitas yang buruk,” kata Syeikh Sudais, Kamis (13/6/2019).

“Kejahatan-kejahatan teroris ini semakin memperkuat tekad para pasukan kita untuk menjaga negeri dan penduduknya, juga menjaga kiblat kaum muslimin dari siapa pun yang berniat merusak Kerajaan Saudi Arabia,” tukas Ketua Umum Dewan Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Koalisi pimpinan Arab Saudi menuturkan, kelompok milisi Houthi melancarkan serangan rudal yang menargetkan sebuah bandara di selatan Arab Saudi. Puluhan orang luka-luka akibat serangan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (12/6/2019), pihak koalisi menyatakan 26 luka dalam serangan itu. Mereka lalu menegaskan akan memberikan respon tegas atas serangan tersebut.

Baca Juga: Houthi Serang Bandara Saudi, Puluhan Luka-luka
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3691 seconds (0.1#10.140)