Saudi Berhasil Bersihkan 400.000 Ranjau Darat di Yaman

Senin, 29 Mei 2023 - 23:00 WIB
loading...
Saudi Berhasil Bersihkan 400.000 Ranjau Darat di Yaman
Saudi Berhasil Bersihkan 400.000 Ranjau Darat di Yaman. FOTO/Masam Project
A A A
RIYADH - Sebuah proyek kemanusiaan yang dipimpin Arab Saudi di Yaman telah membersihkan 400.000 ranjau darat dan persenjataan yang tidak meledak. Ratusan ribu ranjau itu berhasil dinetralkan dalam kurun lebih dari lima tahun.

Seperti dilaporkan Arab News, upaya ini diawasi oleh Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman. Badan ini terus berupaya melumpuhkan perangkat mematikan yang diletakkan di negara yang dilanda perang oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran.



Operasi telah berlangsung di Marib, Aden, Jouf, Shabwa, Taiz, Hodeidah, Lahij, Sanaa, Al-Bayda, Al-Dhale, dan Saada. Skema ini juga melibatkan pelatihan insinyur ranjau lokal dan memberi mereka peralatan modern.

Selain itu, proyek ini menawarkan dukungan kepada warga Yaman yang terluka oleh perangkat tersebut. Pada Juni 2022, kontrak proyek diperpanjang satu tahun lagi dengan biaya USD33,29 juta.

“Ini adalah sosok yang sangat terhormat dan menjanjikan dan hasil yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kami banggakan sebagai proyek kemanusiaan, tidak hanya di tingkat Yaman, tetapi juga di tingkat global. Terutama jika kita mempertimbangkan kondisi ranjau dan sifat ranjau asing yang dilalui Yaman,” ujar Direktur pelaksana proyek Masam, Ousama Al-Gosaibi.

“Ini telah berkontribusi untuk memulihkan kehidupan normal di beberapa wilayah Yaman, di mana orang saat ini dapat menikmati kehidupan yang aman jauh dari ancaman ranjau. Itu juga telah menyelamatkan nyawa banyak orang tak berdosa.



“Masam adalah proyek kehidupan, proyek perjuangan, yang bertujuan meletakkan dasar kehidupan yang aman dari ranjau di Yaman. Proyek semacam itu memanfaatkan energi lapangan, teknis, dan medianya untuk tujuan mulia ini, dan tidak akan menyia-nyiakan upaya sama sekali untuk itu,” lanjutnya.

“Angka 400.000 adalah judul kesuksesan kami, dan ini merupakan insentif bagi kami untuk maju dalam pencapaian terbesar kami, tujuan akhir kami, dan janji yang kami kejar; Yaman tanpa ranjau,” tambah Al-Gosaibi.

Al-Gosaibi menambahkan, bahwa di bawah proyek tersebut lebih dari 46 juta meter persegi tanah di Yaman telah dibersihkan dari amunisi, ranjau, dan alat peledak.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)