alexametrics

KBRI Addis Ababa Gelar Diskusi dan Pameran Foto Pasukan Perdamaian PBB

loading...
KBRI Addis Ababa Gelar Diskusi dan Pameran Foto Pasukan Perdamaian PBB
Para peserta diskusi panel tentang pasukan perdamaian PBB berfoto bersama. Foto/KBRI Addis Ababa
A+ A-
ADDIS ABABA - Keberhasilan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membutuhkan pendekatan menyeluruh, termasuk dengan melibatkan organisasi regional seperti Uni Afrika. Hal itu ditegaskan dalam diskusi panel tentang pasukan perdamaian PBB yang diselenggarakan KBRI Addis Ababa di Aula KBRI Addis Ababa, Ethiopia, Jumat (31/5/2019).

Diskusi panel tersebut terselenggara berkat kerja sama dengan Kantor PBB untuk Uni Afrika (UNOAU) dan Kedutaan Besar negara-negara MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia) di Addis Ababa.

Beberapa tokoh tampil sebagai pembicara. Seperti Kepala Institusi dan Operasi Program Kerja Sama; Hester Adriana Paneras, Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Uni Afrika; Zinurine Alghali, Kepala Pengembangan Kebijakan Divisi Dukungan Operasi Komisi Uni Afrika ; Mohammed Elghitany yang berasal dari Kedutaan Mesir dan Jaja Victoria yang berasal dari Kedutaan Nigeria.



Tema yang diangkat dalam diskusi tersebut adalah "Protecting Civilians, Protecting Peace- Enhancing UN-AU cooperation in Addressing Threats to Peace and Security in Africa".

Duta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika; Al Busyra Basnur, mengatakan bahwa diskusi panel tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari internasional pasukan perdamaian PBB.

“Kita memberikan penghormatan yang tinggi kepada pasukan perdamaian PBB atas profesionalisme, dedikasi dan keberanian mereka dalam melaksanakan tugas-tugas mulia pada berbagai misi perdamaian PBB," kata Dubes Al Busyra, dalam keterangan tertulis KBRI Addis Ababa yang diterima SINDonews.com.

Sementara itu, Dirjen Organisasi Internasional Kementerian Luar Negeri Ethiopia Fortuna Dibaco menekankan pentingnya implementasi Action for Peacekeeping (A4P) yang disepakati September 2018 lalu, terutama terkait peningkatan peran perempuan dalam misi perdamaian dan perlindungan sipil, khususnya perempuan dan anak.

Duta Besar Meksiko, Victor Trevino, berharap diskusi panel memberi kontribusi kepada MIKTA sebagai forum yang membahas isu perdamaian dan keamanan, khususnya di Afrika. Meksiko adalah ketua MIKTA 2019.

Bersamaan dengan diskusi panel tersebut, KBRI Addis Ababa juga menyelenggarakan pameran foto selama tiga hari. Pameran tersebut menampilkan kegiatan pasukan perdamaian PBB dari negara-negara MIKTA dan PBB. Pameran foto dikunjungi oleh masyarakat, terutama pelajar Ethiopia, mulai hari Jumat sampai Minggu (2/6/2019).

Sekitar 100 orang hadir pada diskusi panel, antara lain pejabat pemerintah Ethiopia, duta besar negara sahabat, pejabat PBB di Ethiopia, pejabat Uni Afrika, akademisi dan para pelajar.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak