Sekjen PBB: Afrika Butuh Kursi Tetap di Dewan Keamanan

Selasa, 23 Januari 2024 - 19:28 WIB
loading...
Sekjen PBB: Afrika Butuh Kursi Tetap di Dewan Keamanan
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (kiri) mengikuti KTT G77 di Uganda. Foto/X/@KagutaMuseveni
A A A
KAMPALA - Fakta bahwa Afrika tidak memiliki kursi tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) adalah suatu ketidakadilan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menegaskan hal itu pada Minggu (21/1/2024).

Sekjen PBB menekankan, struktur DK PBB saat ini dilumpuhkan oleh perpecahan geopolitik dan tidak mencerminkan realitas dunia saat ini.

Dewan Keamanan mempunyai 15 anggota, lima di antaranya adalah anggota tetap yakni Rusia, China, Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis yang mempunyai hak untuk memveto resolusi apa pun.

Guterres menyampaikan pernyataan tersebut saat berinteraksi dengan wartawan setelah berpidato di KTT Selatan Ketiga, sekelompok negara berkembang yang dikenal sebagai G77 plus China di ibu kota Uganda, Kampala.

Dia mengatakan meskipun sebagian besar negara-negara Afrika belum merdeka ketika lembaga-lembaga PBB dibentuk, fakta bahwa benua tersebut tidak memiliki satu pun anggota tetap Dewan Keamanan merupakan “ketidakadilan yang mencolok.”

Menurut Guterres, kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB “menyukai” tuntutan agar Afrika memiliki keterwakilan yang tepat di dewan tersebut.

”Jadi untuk pertama kalinya, saya berharap setidaknya reformasi sebagian Dewan Keamanan PBB dapat dilakukan agar ketidakadilan yang mencolok ini dapat diperbaiki, dan agar Afrika memiliki setidaknya satu anggota tetap di Dewan Keamanan," ujar dia.

“Hal ini tidak dijamin… hal ini hanya bergantung pada negara-negara anggota, pada Majelis Umum, namun untuk pertama kalinya saya pikir ada alasan untuk menaruh harapan,” papar dia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)