Saingi AS, Rusia Ingin Bikin Kapal Induk Super yang Dipersenjatai Jet Siluman Su-57

Minggu, 30 Juni 2024 - 19:52 WIB
loading...
A A A
Moskow memiliki armada kapal selam paling beragam di dunia. Sebagai komponen penting dari penangkal strategisnya, mereka yakin beberapa kapal selam ini mampu meluncurkan rudal balistik dengan hulu ledak nuklir.

Namun, Rusia terus berjuang dengan apa yang dikenal sebagai instrumen proyeksi kekuatan global: kapal induk.

Kritik terhadap militer Rusia telah mengamati bahwa meskipun mereka memiliki armada kapal “Angkatan Laut global” yang cukup besar dengan kemampuan ofensif yang kuat, mereka tidak memiliki kapal induk dan, akibatnya, kemampuan untuk memproyeksikan kekuatan.

Beberapa analis memperkirakan bahwa kapal Kuznetsov dirancang terutama untuk pertahanan pantai dan tidak memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir. Jadi, butuh banyak bantuan untuk berpindah antar-teater.

Pada tahun 2017, Moskow mengumumkan rencana untuk membangun “kapal induk terbesar di dunia” dalam upaya untuk bersaing dengan kapal induk kelas Nimitz milik AS. Konsep kapal induk Rusia yang dijuluki “Shtorm”, ukurannya kira-kira akan sama dengan kapal induk yang dioperasikan AS, dengan bobot bobot 100.000 ton dan jumlah pesawat yang sama.

Berbeda dengan rencana Rusia, Amerika telah mengembangkan dan menugaskan kapal induk terbesar di dunia: USS Gerald R. Ford. Ini adalah kapal perang terbesar di dunia dan memiliki dimensi yang luar biasa, berukuran panjang 1.092 kaki (333 meter), dengan lebar dek penerbangan 256 kaki (78 meter) dan tinggi 250 kaki (76 meter). Kebetulan, kapal tersebut memiliki bobot 100.000 ton yang dicita-citakan Rusia.

Bahkan China, yang tergolong baru dalam pembangunan kapal induk, telah membangun kapal induk supernya sendiri. “Fujian”-nya sebanding dengan Gerald R. Ford AS dan memiliki bobot sekitar 80.000-85.000 ton.

Kapal induk China ini bertenaga konvensional tetapi merupakan kapal induk super pertama di negara tersebut dan kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri yang dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan perangkat penangkap.

Ketidakmampuan Angkatan Laut Rusia untuk mengerahkan kapal induk operasional dipandang sebagai kelemahan mendasar oleh para kritikus Barat. Perjuangan melawan kapal induk juga berarti bahwa Rusia tidak memiliki pesawat berkemampuan kapal induk yang canggih. Di sinilah usulan Pepelyaev untuk varian Angkatan Laut Su-57 muncul.

Rusia telah mengembangkan beberapa jet yang mampu dibawa kapal induk, namun efektivitasnya terbukti terbatas. Yak-38, misalnya, diperkenalkan pada pertengahan tahun 1970-an sebagai jet pengangkut pertama untuk kapal induk kelas Kiev.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3163 seconds (0.1#10.140)
pixels