3 Kengerian Hizbullah, Salah Satunya Miliki Pasukan Khusus untuk Hancurkan Israel

Kamis, 04 Juli 2024 - 19:37 WIB
loading...
3 Kengerian Hizbullah, Salah Satunya Miliki Pasukan Khusus untuk Hancurkan Israel
Kelompok Hizbullah Lebanon memiliki tiga kengerian, salah satunya pasukan khusus untuk menghancurkan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hizbullah Lebanon saat ini tengah jadi kelompok milisi yang mendapat banyak perhatian atas konfliknya dengan Israel. Konflik ini telah dikhawatirkan banyak pihak akan berubah menjadi perang habis-habisan dan meluas di Timur Tengah.

Dilansir dari Al Jazeera, Hizbullah Lebanon telah memperingatkan bahwa mereka sepenuhnya siap berperang melawan Israel setelah kedua pihak terlibat baku tembak di perbatasan mereka selama berbulan-bulan.

Konflik tersebut pecah setelah Israel menginvasi Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 dalam upayanya melenyapkan Hamas yang telah menyerang wilayah Israel selatan pada tanggal yang sama.

Hizbullah telah menegaskan bahwa serangan mereka akan berhenti jika Israel menghentikan invasi brutalnya di Jalur Gaza.



3 Kengerian Hizbullah

1. Memiliki Senjata Mumpuni


Kengerian Hizbullah yang pertama ini berasal dari persenjataan. Kebanyakan senjata yang dimiliki diketahui disuplai oleh Iran, salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di Timur Tengah.

Para pakar meyakini jika Hizbullah memiliki sekitar lebih dari 100.000 roket yang disuplai dari Iran. Kelompok milisi Syiah ini juga diduga memiliki ratusan rudal buatan Rusia.

Hizbullah memiliki model roket Iran, seperti roket Raad (bahasa Arab untuk Guntur), Fajr (Fajar) dan Zilzal (Gempa Bumi). Mereka juga menggunakan rudal anti-tank berpemandu secara ekstensif pada perang melawan Israel tahun 2006.

Selain itu, kelompok milisi ini juga memiliki drone yang dikatakan sebagai model Ayoub dan Mersad yang dirakit secara lokal, sebagian besar digunakan untuk pengintaian, meskipun mereka dapat membawa muatan persenjataan kecil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)
pixels