Rusia Mulai Ancam Israel, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Moskow vs Tel Aviv Tahun 2024

Kamis, 04 Juli 2024 - 19:20 WIB
loading...
Rusia Mulai Ancam Israel, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Moskow vs Tel Aviv Tahun 2024
Secara teori, kekuatan militer Rusia unggul di atas Israel termasuk dalam persenjataan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Rusia ancam Israel terkait konsekuensi jika Tel Aviv memasok sistem pertahanan udara Patriot buatan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina. Itu disampaikan Utusan Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia.

Mengutip JewishPress, Nebenzia menyebut rencana Israel memasok system rudal Patriot bisa memengaruhi hubungan antara Tel Aviv dan Moskow.

Dia juga mengancam bahwa senjata apa pun yang dikirim ke Ukraina akan bernasib sama dengan sebelum-sebelumnya.

"Senjata-senjata itu, siapa pun yang mengirimnya ke Ukraina, pada akhirnya akan dihancurkan, seperti senjata-senjata Barat dan AS lainnya. Itu jelas," ucap Nebenzia.



Kekuatan Militer Rusia vs Israel


Rusia dan Israel memiliki militer yang kuat. Masing-masing di antaranya didukung oleh kemampuan tentara, persenjataan, hingga sokongan pihak lain. Berikut perbandingan di antara keduanya.

1. Jumlah Tentara


Secara peringkat, GlobalFirePower menempatkan Rusia jauh di atas Israel. Sementara Moskow bertengger di urutan ke-2, Tel Aviv hanya menempati peringkat ke-17 dari 145 negara.

Soal jumlah tentara, Rusia juga unggul telak. Mereka memiliki personel aktif mencapai 1,32 juta, tentara cadangan 2 juta, serta unit paramiliter sebanyak 250.000.

Sedangkan untuk Israel, mereka punya tentara aktif sebanyak 170.000. Selain itu, ada juga 465.000 tentara cadangan dan 35.000 pasukan paramiliter.

2. Anggaran Pertahanan


Anggaran pertahanan menjadi salah satu aspek penting yang mendukung kekuatan militer sebuah negara. Masih sama, Rusia mengungguli Israel dalam perbandingan jumlah anggaran pertahanan.

Rusia memiliki anggaran pertahanan USD109 miliar. Sedangkan Israel hanya USD24,4 miliar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)
pixels