Jet Tempur MiG-29 Ukraina Hancur Diterjang Rudal Iskander Rusia, Ini Videonya

Kamis, 04 Juli 2024 - 18:56 WIB
loading...
Jet Tempur MiG-29 Ukraina Hancur Diterjang Rudal Iskander Rusia, Ini Videonya
Jet tempur MiG-29 Ukraina hancur diterjang rudal balistik Iskander Rusia. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis (4/7/2024) merilis rekaman video serangan rudal balistik Iskander yang menghancurkan jet tempur MiG-29 Ukraina di sebuah pangkalan militer Dolgintsevo.

Rekaman video itu memperlihatkan detik-detik serangan di pangkalan di dekat Kryvyi Rih, mengancurkan satu pesawat MiG dan merusak dua pesawat serang.

Serangan itu dilakukan dari jarak jauh, menyebabkan ledakan dan kepulan asap membumbung ke udara.

“Sebuah pesawat tempur MiG-29 milik Angkatan Bersenjata Ukraina, serta senjata udara-ke-permukaan dan kendaraan dari layanan teknik penerbangan hancur,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.



Angkatan Udara Ukraina memiliki sekitar 24 unit jet MiG-29 yang beroperasi pada akhir tahun lalu. Data itu diungkap lembaga think tank yang berbasis di Inggris, International Institute for Strategic Studies, sebagaimana dilaporkan Newsweek.

Baik Rusia dan Ukraina telah kehilangan sejumlah besar pesawat selama perang di Ukraina.

Kyiv mengeklaim telah menembak jatuh sejumlah Su-25 Rusia era Soviet bulan lalu. Ukraina juga mengaku sering menargetkan pangkalan udara Rusia, dengan mengatakan bahwa pangkalan tersebut adalah sasaran militer yang sah dalam perang.

Pada hari Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan beberapa jet tempur Ukraina di pangkalan udara Myrhorod, yang terletak di wilayah Poltava Ukraina di barat daya wilayah perbatasan Sumy dan Kharkiv.

Menurut kementerian tersebut, 5 jet tempur Su-27 milik Ukraina hancur dalam serangan itu, dan dua jet tempur lainnya rusak.

Ukraina membenarkan serangan tersebut, tanpa merinci berapa banyak jet tempur yang dihancurkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)
pixels