Profil Jenderal Zuniga dan Upaya Kudeta 5 Jam Dramatis terhadap Presiden Bolivia

Kamis, 27 Juni 2024 - 12:34 WIB
loading...
A A A
Zuniga kemudian ditangkap, dengan rekaman video menunjukkan Wakil Menteri Dalam Negeri Jhonny Aguilera berkata kepada Zuniga: “Jenderal, Anda ditahan.”

Sementara itu, Arce yang berdiri di balkon istana pemerintah berkata: “Tidak ada yang bisa merampas demokrasi yang telah kita menangkan.”

Dia juga mengambil sumpah pemimpin Angkatan Darat baru, memecat Zuniga.

Tepat sebelum dia ditangkap oleh pihak berwenang Bolivia, Zuniga mengklaim bahwa Presiden Arce-lah yang memintanya melakukan upaya kudeta.

Zuniga berkata: “Presiden mengatakan kepada saya bahwa situasinya benar-benar kacau, minggu ini akan menjadi minggu yang kritis—jadi penting untuk mempersiapkan sesuatu yang akan meningkatkan popularitas saya.”

Namun, Menteri Kehakiman Bolivia Ivan Lima membantah klaim tersebut. Dia mengatakan bahwa Zuniga berbohong dan berusaha membenarkan tindakannya sendiri, sehingga dia akan diadili.

Lima juga mengatakan bahwa jaksa penuntut akan menuntut hukuman maksimal 15 hingga 20 tahun penjara bagi Zuniga. “Karena telah menyerang demokrasi dan Konstitusi," katanya.

Ini bukan upaya kudeta pertama di Bolivia. Negara ini telah mengalami lebih dari 190 upaya kudeta dan revolusi sejak kemerdekaannya pada tahun 1825.

Siapakah Jenderal Juan Jose Zuniga?


Zuniga, yang ditangkap sejak percobaan kudeta, merupakan tokoh kontroversial dalam politik Bolivia dan merupakan penentang mantan Presiden Bolivia Evo Morales, yang masih memegang pengaruh besar dalam lanskap politik negara tersebut.

Presiden Arce saat ini merupakan bagian dari partai politik yang sama dengan Morales.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)
pixels