Hendak Kudeta, Jenderal Bolivia Serbu Istana Presiden Arce

Kamis, 27 Juni 2024 - 07:07 WIB
loading...
Hendak Kudeta, Jenderal Bolivia Serbu Istana Presiden Arce
Jenderal Juan Jose Zuniga, komandan Angkatan Darat Bolivia, bersama pasukannya telah menyerbu Istana Presiden Luis Arce dalam upaya kudeta pada Rabu. Foto/REUTERS
A A A
LA PAZ - Jenderal Juan Jose Zuniga, komandan Angkatan Darat Bolivia, bersama pasukannya telah menyerbu Istana Presiden Luis Arce dalam upaya kudeta pada Rabu.

Namun, upaya itu gagal. Pihak berwenang telah menangkap Jenderal Zuniga.

Para tentara bersenjata berat yang menggunakan kendaraan lapis baja juga telah menarik diri dari alun-alun Plaza Murillo di Ibu Kota Bolivia, La Paz.

Presiden Luis Arce mengecam upaya kudeta terhadap pemerintahannya. Dia juga langsung memecat Jenderal Zuniga, menggantikannya dengan Jenderal Jose Wilson Sanchez sebagai komandan baru Angkatan Darat Bolivia.



Kantor berita Reuters, mengutip saksi mata, melaporkan pada Kamis (27/6/2024), bahwa pihak berwenang telah menangkap Jenderal Zuniga pada Rabu sore. Belum jelas ke mana sang jenderal dibawa.

“Semua personel yang telah dimobilisasi di jalan-jalan harus kembali ke unitnya masing-masing,” kata Jenderal Sanchez, dalam pidato pertamanya sebagai komandan baru Angkatan Darat.

Presiden Arce kemudian muncul di balkon Istana Kepresidenan sambil mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya.

“Tidak ada seorang pun yang bisa merenggut demokrasi yang telah kita menangkan di kotak suara,” katanya kepada massa pendukung yang bergembira.

“Kami akan terus bekerja untuk rakyat Bolivia," katanya lagi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)
pixels