Serang Crimea, Rudal ATACMS Amerika Disebut Kalahkan S-500 Rusia untuk Pertama Kalinya

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
Serang Crimea, Rudal...
Rudal ATACMS Amerika Serikat disebut telah mengalahkan sistem rudal S-500 Rusia untuk pertama kalinya dalam serangan ke Crimea yang diluncurkan Ukraina pada hari Minggu. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Serangan Ukraina ke Crimea dengan beberapa rudal jarak jauh ATACMS pasokan Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu dipuji media-media Kyiv. Alasannya, senjata Amerika itu sukses menembus wilayah yang dilindungi sistem rudal canggih S-500 Rusia.

Serangan dahsyat itu mengakibatkan kematian empat orang, termasuk dua anak-anak, dan menyebabkan sekitar 150 lainnya terluka ketika puing-puing rudal menghujani pantai terdekat di Sevastopol, Crimea.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa rudal-rudal yang digunakan dalam serangan itu adalah ATACMS yang disediakan oleh AS, sebuah sistem yang mampu mencapai sasaran hingga jarak 300 km (186 mil).

Rekaman yang muncul di internet menunjukkan pemandangan kacau di pantai di daerah Uchkuyevka, di mana orang-orang yang melarikan diri dari puing-puing yang berjatuhan dan orang-orang yang terluka dibawa ke kursi berjemur.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengutuk serangan itu sebagai tindakan “biadab” dan menuduh AS “membunuh anak-anak Rusia".

Dia merujuk pada komentar baru-baru ini oleh Presiden Vladimir Putin, yang telah berjanji untuk menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina.

“Keterlibatan Amerika Serikat dalam serangan terhadap Sevastopol tidak diragukan lagi,” kata Peskov, seraya menambahkan bahwa Washington dan sekutunya mendorong Kyiv untuk melakukan tindakan terorisme internasional dan membunuh warga sipil Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia lebih lanjut mengeklaim bahwa semua rudal ATACMS diprogram oleh spesialis Amerika dan dipandu oleh satelit Amerika, menekankan dugaan keterlibatan Amerika dalam serangan tersebut.

“Washington dan negara-negara satelitnya mendorong Kyiv untuk melakukan tindakan terorisme internasional dan membunuh warga sipil Rusia,” kata kementerian tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)