Serang Crimea, Rudal ATACMS Amerika Disebut Kalahkan S-500 Rusia untuk Pertama Kalinya

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
Serang Crimea, Rudal...
Rudal ATACMS Amerika Serikat disebut telah mengalahkan sistem rudal S-500 Rusia untuk pertama kalinya dalam serangan ke Crimea yang diluncurkan Ukraina pada hari Minggu. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Serangan Ukraina ke Crimea dengan beberapa rudal jarak jauh ATACMS pasokan Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu dipuji media-media Kyiv. Alasannya, senjata Amerika itu sukses menembus wilayah yang dilindungi sistem rudal canggih S-500 Rusia.

Serangan dahsyat itu mengakibatkan kematian empat orang, termasuk dua anak-anak, dan menyebabkan sekitar 150 lainnya terluka ketika puing-puing rudal menghujani pantai terdekat di Sevastopol, Crimea.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa rudal-rudal yang digunakan dalam serangan itu adalah ATACMS yang disediakan oleh AS, sebuah sistem yang mampu mencapai sasaran hingga jarak 300 km (186 mil).

Rekaman yang muncul di internet menunjukkan pemandangan kacau di pantai di daerah Uchkuyevka, di mana orang-orang yang melarikan diri dari puing-puing yang berjatuhan dan orang-orang yang terluka dibawa ke kursi berjemur.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengutuk serangan itu sebagai tindakan “biadab” dan menuduh AS “membunuh anak-anak Rusia".

Dia merujuk pada komentar baru-baru ini oleh Presiden Vladimir Putin, yang telah berjanji untuk menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina.

“Keterlibatan Amerika Serikat dalam serangan terhadap Sevastopol tidak diragukan lagi,” kata Peskov, seraya menambahkan bahwa Washington dan sekutunya mendorong Kyiv untuk melakukan tindakan terorisme internasional dan membunuh warga sipil Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia lebih lanjut mengeklaim bahwa semua rudal ATACMS diprogram oleh spesialis Amerika dan dipandu oleh satelit Amerika, menekankan dugaan keterlibatan Amerika dalam serangan tersebut.

“Washington dan negara-negara satelitnya mendorong Kyiv untuk melakukan tindakan terorisme internasional dan membunuh warga sipil Rusia,” kata kementerian tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pertahanan udaranya mencegat lima rudal yang memuat hulu ledak cluster yang diluncurkan oleh pasukan Ukraina. Namun, rudal kelima yang dicegat masih menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang signifikan akibat puing-puing yang berjatuhan.

Kementerian juga mencatat keberadaan kendaraan udara tak berawak (UAV) Amerika, Global Hawk, di wilayah udara Laut Hitam di tenggara Krimea pada saat serangan terjadi.

Menurut laporan sejumlah media, drone tersebut, yang diidentifikasi dengan nomor ekor 11-2046 dan tanda panggilan FORTE10, telah lepas landas dari pangkalan udara NATO Sigonella di Italia dan melintasi wilayah udara Yunani dan Bulgaria sebelum menuju Laut Hitam.

Moskow menuduh drone ini berperan dalam memfasilitasi serangan Ukraina ke Crimea.

Pemerintah Rusia telah berjanji untuk membalas, dan para pejabat memperingatkan “konsekuensinya” bagi AS dan negara mana pun yang terlibat dalam memasok senjata ke Ukraina.

Dampak Mengerikan Serangan ATACMS


ATACMS adalah rudal balistik yang diluncurkan dari darat yang ditembakkan dari sistem roket peluncuran ganda HIMARS atau M270.

Tidak seperti rudal jelajah konvensional, yang melaju dengan kecepatan 600 mph, ATACMS dapat mencapai kecepatan hingga 2.300 mph, sehingga sulit dicegat oleh sistem pertahanan udara.

Setelah diluncurkan, sistem deteksi radar dan rudal Rusia langsung aktif, namun kecepatan rudal hanya memungkinkan respons sekitar tiga menit.

Jangka waktu pertempuran yang singkat ini, sekitar 30 detik, membuatnya sulit untuk dicegat, sehingga secara signifikan membebani unit pertahanan udara Rusia.

Para pakar mencatat bahwa pada saat peluncuran, diperlukan waktu untuk menentukan lintasan dan titik tumbukan rudal, sehingga menyisakan pilihan terbatas selain memperingatkan semua orang untuk berlindung.

Pada bulan Oktober, Amerika Serikat menyetujui pengiriman batch pertama sistem rudal taktis ATACMS ke Ukraina dengan jangkauan 165 km. Menurut The New York Times, sekitar 20 rudal dikirim. Ukraina telah meminta rudal ini selama beberapa bulan.

Pada bulan Maret, AS diam-diam mengirimkan versi dari rudal jarak jauh ini ke Ukraina sebagai bagian dari paket dukungan militer. Versi ini dapat mencapai target hingga jarak 300 km, hampir dua kali lipat jangkauan ATACMS jarak menengah.

Washington belum mengungkapkan secara terbuka jumlah pasti rudal balistik yang dipasok ke Ukraina, meskipun Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menggambarkan jumlah tersebut sebagai jumlah yang “signifikan”.

Rudal-rudal ini pertama kali digunakan pada dini hari tanggal 17 April terhadap lapangan terbang Rusia di Crimea. Sejak itu, ATACMS jarak jauh telah berdampak signifikan terhadap lapangan terbang Rusia, baterai pertahanan udara, dan kapal perang yang berlabuh di Crimea.

Pada pertengahan Mei, tentara Ukraina melancarkan serangan ATACMS besar-besaran di pangkalan Rusia di Belbek di luar Sevastopol di Crimea. Gambar-gambar yang dirilis mengonfirmasi bahwa ATACMS menghancurkan radar dan dua peluncur dari baterai pertahanan udara S-400.

Sebagaimana dicatat oleh analis di Oryx, pasukan Rusia telah kehilangan dua pos komando S-400, empat radar, dan 16 peluncur.

Para pakar Rusia telah mengakui keefektifan rudal ATACMS, dan menyarankan agar rudal yang dipasok ke Ukraina itu dihancurkan sebelum dapat diluncurkan.

Pakar militer Vasily Dandykin mengatakan kepada Izvestia bahwa Sevastopol diserang oleh rudal balistik ATACMS untuk pertama kalinya.

“Rudal-rudal ini terbang sangat cepat,” katanya, seperti dikutip EurAsian Times, Selasa (25/6/2024).

“Mereka menembak hampir pada jarak maksimum, yang untuk ATACMS adalah 300 km. Dari Odessa ke Sevastopol berjarak sekitar 270-280 km. Kita perlu meningkatkan sistem pertahanan udara kita untuk menghindari pemborosan sumber daya pada drone. Serangan besar-besaran terhadap Crimea, khususnya Sevastopol, menunjukkan bahwa rudal-rudal ini akan segera menargetkan wilayah kami," paparnya.

Dandykin menyebut insiden tersebut sebagai “aksi teroris murni” dan menekankan perlunya menyerang lokasi rudal tersebut dan merespons dengan lebih kuat.

Dia menyatakan bahwa angkatan bersenjata Rusia secara aktif berupaya meningkatkan pertahanan udara dan rudal secara real-time dan mencatat perlunya menghancurkan sistem rudal musuh sebelum diluncurkan meskipun tugasnya sangat sulit.

“Tidak mudah untuk melakukan ini, tapi realistis,” ujarnya.


ATACMS Kalahkan Sistem Rudal S-500 Rusia


Sementara itu, media Ukraina; Kyiv Post, menulis bahwa ATACMS telah mengalahkan sistem rudal canggih S-500 Rusia untuk pertama kalinya.

Laporan tersebut mengeklaim Sevastopol adalah elemen kunci dari infra militer Rusia dan pusat pertahanan udara Crimea.

Menurut intelijen Ukraina, inti dari jaringan pertahanan udara tersebut adalah S-500 yang baru-baru ini dikerahkan, sistem pertahanan udara mutakhir Rusia.

Laporan media Ukraina tersebut mengeklaim ini mungkin pertama kalinya ATACMS memasuki wilayah udara yang dilindungi oleh S-500 Rusia.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)