Terbanyak Sejagat, China Tes 4,5 Juta Mobil Tanpa Pengemudi di Jalan Sibuk

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:10 WIB
loading...
Terbanyak Sejagat, China Tes 4,5 Juta Mobil Tanpa Pengemudi di Jalan Sibuk
China melakukan tes 4,5 juta mobil tanpa pengemudi di jalan-jalan sibuk di Wuhan. New York Times mencatat sebagai eksperimen mobil terbanyak di dunia. Foto/New York Times
A A A
WUHAN - Eksperimen mobil tanpa pengemudi terbesar di dunia sedang berlangsung di jalan-jalan sibuk di Wuhan, sebuah kota di China dengan populasi 11 juta orang.

Sebanyak 4,5 juta mobil tanpa pengemudian diuji di jalan tol delapan jalur, dan jembatan menjulang tinggi di atas perairan berlumpur Sungai Yangtze.

Armada yang terdiri dari 500 taksi yang dinavigasi oleh komputer, seringkali tanpa pengemudi keselamatan sebagai cadangan, berdengung. Perusahaan yang mengoperasikannya, raksasa teknologi Baidu, mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan menambah 1.000 lagi taksi robot di Wuhan.

Di seluruh China, 16 kota atau lebih telah mengizinkan perusahaan untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi di jalan umum, dan setidaknya 19 produsen mobil China dan pemasoknya bersaing untuk membangun kepemimpinan global di bidang tersebut.



Menurut laporan New York Times, Kamis (13/6/2024), tes mobil tanpa pengemudi di China tersebut menjadi yang terbanyak di dunia. Tidak ada negara lain yang bergerak seagresif ini.

Pemerintah China memberikan bantuan yang signifikan kepada perusahaan-perusahaan produsen mobil tanpa pengemudi.

Selain kota-kota yang menetapkan area pengujian di jalan untuk taksi robot, badan sensor juga membatasi diskusi online mengenai insiden keselamatan dan kecelakaan untuk meredam ketakutan masyarakat terhadap teknologi yang baru lahir ini.

Survei yang dilakukan oleh J.D. Power, sebuah perusahaan konsultan otomotif, menemukan bahwa pengemudi di China lebih bersedia mempercayai komputer untuk memandu mobil mereka dibandingkan orang Amerika.

“Saya pikir tidak perlu terlalu mengkhawatirkan keselamatan—produk tersebut harus sudah lulus persetujuan keselamatan,” kata Zhang Ming, pemilik toko kelontong kecil di dekat Paviliun Qingchuan di Wuhan, tempat banyak taksi robot Baidu berhenti.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6921 seconds (0.1#10.140)
pixels