Inilah 6 Capres Iran untuk Gantikan Raisi, Ahmadinejad Tersingkir

Senin, 10 Juni 2024 - 08:15 WIB
loading...
A A A
Dukungan Pezeshkian oleh Dewan Wali mungkin merupakan upaya pihak berwenang untuk meningkatkan partisipasi pemilih, yang telah menurun dalam pilpres sebelumnya.

Selama pilpres tahun 2021, yang menghasilkan Raisi menjadi presiden, Dewan Wali mendiskualifikasi calon kandidat yang dapat menantang Raisi.

Pilpres tersebut mencatat rekor jumlah pemilih yang rendah, yaitu hanya 48,8 persen. Republik Islam Iran secara tradisional mengandalkan jumlah pemilih untuk menunjukkan legitimasinya.

Pesaing lainnya adalah Wali Kota Teheran Alireza Zakani, yang mendaftar untuk pilpres 2021 tetapi akhirnya mengundurkan diri dari pemilihan presiden untuk mendukung pencalonan Raisi.

Zakani mengindikasikan pada hari Minggu bahwa dia tidak berniat mundur dari pencalonan kali ini, dengan mengatakan dalam sebuah postingan di platform media sosial X: “Pada pemilihan 2024, saya akan bertahan dan bersaing sampai akhir untuk melanjutkan jalur [Raisi].”

Kandidat lain yang disetujui termasuk wakil presiden petahana dan ketua Yayasan Martir Amirhossein Ghazizadeh-Hashemi, yang berkompetisi dalam pemilihan presiden tahun 2021 tetapi memperoleh suara paling sedikit di antara empat kandidat, bersama dengan mantan menteri dalam negeri dan ulama Mostafa Pourmohammadi.

Siapa yang Didiskualifikasi?


Awalnya, 80 warga Iran mendaftarkan pencalonan mereka untuk pilpres 28 Juni.

Kandidat paling terkenal adalah Mahmoud Ahmadinejad, yang, pada usia 67 tahun, ingin kembali menjadi presiden—posisi yang dipegangnya selama dua periode berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2013.

Ahmadinejad telah didiskualifikasi untuk ketiga kalinya, menyusul kegagalannya dalam pencalonan pada pilpres tahun 2017 dan 2021.

Ahmadinejad, yang pernah menjadi sekutu favorit Pemimpin Tertinggi Khamenei, tidak lagi disukai pemimpin tertinggi tersebut selama masa jabatan keduanya dan sejak itu dikesampingkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)
pixels