AS Sebut Korut Akan Kerahkan Tentara ke Ukraina, Bisa Picu Perang Dunia III

Kamis, 27 Juni 2024 - 13:08 WIB
loading...
AS Sebut Korut Akan Kerahkan Tentara ke Ukraina, Bisa Picu Perang Dunia III
Amerika Serikat sebut Korea Utara akan mengerahkan tentara untuk membantu perang Rusia melawan Ukraina. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
KYIV - Amerika Serikat (AS) mengeklaim bahwa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan mengirim tentaranya ke Ukraina untuk membantu perang Rusia.

Klaim tersebut, jika benar-benar terjadi, bisa memicu Perang Dunia III di tengah meningkatnya perseteruan antara Rusia dan Barat.

Klaim Amerika itu merujuk pada pakta pertahanan bersama yang ditandatangani Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kim Jong-un di Pyongyang pekan lalu. Pakta pertahanan itu menjanjikan bantuan militer satu sama lain.

Menurut AS, sejak perjanjian diteken, diumumkan bahwa Korea Utara akan mengirim unit militernya ke wilayah Donetsk saat Rusia melanjutkan invasinya.



Pyongyang sebelumnya dilaporkan telah mengirimkan hingga 1,6 juta peluru untuk membantu perang Rusia melawan Ukraina.

Aliansi militer Rusia-Korut tersebut telah dikecam oleh sejumlah negara Barat, termasuk Amerika Serikat.

Pentagon mengatakan pengiriman pasukan Korea Utara ke Ukraina berarti mereka akan menghadapi pembantaian, dan mempertanyakan motif Kim Jong-un.

Juru bicara Pentagon Pat Ryder mengatakan dalam sebuah pengarahan: "Saya pikir jika saya adalah manajemen personel militer Korea Utara, saya akan mempertanyakan pilihan saya dalam mengirimkan pasukan saya untuk menjadi umpan meriam dalam perang ilegal melawan Ukraina."

AS, lanjut Ryder, akan terus memantau aliansi Rusia-Korut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0778 seconds (0.1#10.140)
pixels