Siapa yang Jadi Pemenang ketika Israel Menyerbu Hizbullah di Lebanon?

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:55 WIB
loading...
A A A
Washington dan Paris telah mengupayakan deeskalasi.

“Kami telah mendengar para pemimpin Israel mengatakan bahwa solusi yang mereka pilih adalah solusi diplomatik. Dan jelas itu adalah solusi yang kami sukai juga dan kami sedang berusaha untuk mewujudkannya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada hari Selasa. Amerika Serikat menganggap Hizbullah sebagai kelompok teroris.

Hizbullah telah mengisyaratkan keterbukaannya terhadap perjanjian yang menguntungkan Lebanon, namun mengatakan tidak akan ada diskusi sampai Israel menghentikan serangan ke Gaza – sesuatu yang sulit dicapai oleh para mediator.

Israel juga telah menunjukkan keterbukaannya terhadap penyelesaian diplomatik yang akan memulihkan keamanan di utara, sambil mempersiapkan serangan militer untuk mencapai tujuan yang sama.

“Siapa pun yang berpikir bahwa mereka dapat merugikan kita dan kita akan berdiam diri adalah kesalahan besar,” kata Netanyahu pada hari Rabu. “Dengan satu atau lain cara, kami akan memulihkan keamanan di wilayah utara.”

Pejabat AS yang menjadi jantung kontak diplomatik, Amos Hochstein, menjadi perantara kesepakatan diplomatik yang tidak terduga antara Lebanon dan Israel pada tahun 2022 mengenai sengketa perbatasan laut mereka.

Hochstein mengatakan pada tanggal 30 Mei bahwa dia tidak mengharapkan perdamaian antara Hizbullah dan Israel tetapi serangkaian pemahaman dapat menghilangkan beberapa dorongan konflik dan membangun perbatasan yang diakui antara Lebanon dan Israel.

Proposal Prancis yang diajukan ke Beirut pada bulan Februari mencakup penarikan pejuang elit Hizbullah 10 km (6 mil) dari perbatasan dan negosiasi yang bertujuan menyelesaikan perselisihan mengenai perbatasan darat.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0864 seconds (0.1#10.140)