Kematian 11 Bayi Prematur Picu Kemarahan di Tunisia

Minggu, 17 Maret 2019 - 04:24 WIB
Kematian 11 Bayi Prematur Picu Kemarahan di Tunisia
Kematian 11 Bayi Prematur Picu Kemarahan di Tunisia
A A A
TUNIS - Sedikitnya 11 bayi prematur meninggal dunia dalam waktu kurang dari 24 jam akibat infeksi di rumah sakit Tunisa. Peristiwa ini memicu kemarahan di tengah rasa frustasi dokter dan pasien atas sistem perawatan kesehatan masyarakat di negara itu.

Bayi-bayi itu meninggal baru-baru ini di ruang bersalin rumah sakit Rabta di Tunis pusat, Ibu Kota negara itu. Mereka meninggal setelah infeksi nosokomial, yang didapat di rumah sakit, menyebabkan guncangan septik yang mematikan, kata kementerian kesehatan.

Empat bayi lagi meninggal kemudian, dan dua dari kematian itu juga terkait dengan infeksi itu, kata para pejabat pada konferensi pers di kementerian kesehatan pada hari Jumat.

Setelah peristiwa kematian itu, Menteri Kesehatan Abderraouf Cherif dengan cepat mengundurkan diri. Beberapa pejabat kesehatan juga dipecat.

Menteri Kesehatan sementara, Sonia Ben Cheikh, menyebut kematian itu sebagai bencana nasional. Ia mengatakan para pejabat mencurigai ada masalah dengan ruang steril di mana staf rumah sakit menyiapkan nutrisi bagi bayi prematur, yang dikirim secara intravena.

"Kami memiliki keraguan pada sterilisasi ruangan dan alat-alat, yang mungkin telah menyebabkan infeksi," katanya pada sebuah konferensi pers awal pekan ini seperti dilansir dari New York Times, Minggu (17/3/2019).

Kemudian kepada televisi lokal ia menambahkan bahwa departemen di mana bayi yang baru lahir meninggal kekurangan pekerja, dengan hanya tiga dokter untuk 40 tempat tidur.

Kemarahan publik diperparah dengan penanganan kematian di rumah sakit.

Televisi lokal memperlihatkan keluarga memegang mayat bayi mereka dalam kotak kardus yang telah diserahkan kepada mereka oleh pihak rumah sakit. Hal ini memicu kemarahan di media sosial, terutama setelah seorang pejabat dari Kementerian Kesehatan mengatakan di televisi itu bukan praktik yang tidak biasa karena ini bisa jadi kurang trauma daripada memberi mereka selimut sederhana.

Pejabat itu dipecat beberapa hari kemudian.

Pihak kejaksaan telah membuka penyelidikan, dan kementerian kesehatan telah meminta komite dokter serta apoteker untuk menyelidiki kematian dan kemungkinan kesalahan manusia.

Mohamed Douagi, seorang dokter yang memimpin komite investigasi, mengatakan ada gelombang panik ketika bayi-bayi pertama meninggal pada hari Kamis, yang mengarah pada resusitasi mulut-ke-mulut pada tiga bayi pada saat yang sama.

"Ada kegagalan medis tetapi kami belum tahu di langkah mana," kata Dr. Douagi pada konferensi pers pada hari Jumat.

Kematian itu telah mengguncang pemerintah Tunisia, yang tidak mampu mereformasi sistem kesehatan, permintaan yang terus didengungkan sejak pemberontakan rakyat pada 2011 yang menggulingkan kediktatoran lama negara itu.

Perdana Menteri Youssef Chahed mengatakan pada hari Kamis selama pertemuan dengan para kepala rumah sakit di seluruh negeri bahwa ia akan memastikan akan ada pertanggungjawaban atas segala kesalahan yang terjadi selama peristiwa ini.

Ia juga mengakui bahwa sistem perawatan kesehatan telah rusak selama beberapa tahun.

"Sektor kesehatan menderita akibat krisis dan reformasi terakhir terjadi lebih dari 14 tahun yang lalu," katanya, seraya menambahkan bahwa sejak revolusi 2011 telah terjadi kelemahan, korupsi dan kurangnya otoritas.

"Tidak ada yang bisa menyangkal ini, dan itu adalah tanggung jawab semua orang," katanya.

"Dan bersama-sama kita memiliki tugas untuk menemukan solusi," imbuhnya.

Bagi banyak dokter, kematian merupakan gejala dari masalah yang lebih dalam dengan perawatan kesehatan masyarakat. Mereka mengatakan kondisi kerja mereka memburuk dengan buruk, menunjukkan kurangnya peralatan medis yang tepat, kebersihan yang buruk dan meningkatnya rasa tidak percaya pada pasien.

Sistem perawatan kesehatan Tunisia telah lama dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Afrika, menyediakan perawatan gratis atau murah untuk jutaan warga Tunisia melalui sistem asuransi kesehatan nasional. Tetapi sejak revolusi 2011, korupsi telah meningkat dan rumah sakit umum dan dana asuransi telah jatuh ke dalam peningkatan hutang, membuatnya lebih sulit untuk membayar pemasok untuk peralatan.

Zeineb Turki, seorang dokter dan juru bicara Afek Tounes, sebuah partai oposisi, mencatat bahwa ada lebih dari 10 menteri kesehatan dalam waktu kurang dari delapan tahun setelah revolusi.

"Tak satu pun dari mereka punya waktu untuk merenungkan masalah mendasar sektor ini, dan kita semua tahu itu pada akhirnya akan menyebabkan tragedi seperti itu," katanya.

Jumlah dokter muda Tunisia yang bekerja di luar negeri telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, menurut asosiasi medis Tunisia. Pada tahun 2018, setengah dari semua dokter yang baru terdaftar meninggalkan Tunisia untuk bekerja di Eropa atau di negara-negara Teluk, mencari kondisi kerja yang lebih baik dan upah yang lebih tinggi.

Setelah kematian bayi prematur, beberapa dokter muda membuat halaman Facebook, "Balance ton hopital," bahasa Prancis untuk "Denounce your hospital," di mana mereka berbagi foto dan kesaksian tentang perjuangan di tempat kerja.

"Kami telah berbicara selama bertahun-tahun tetapi sekarang para pasien dan orang-orang juga bersama kami," ujar Aymen Bettaieb, wakil presiden organisasi dokter muda Tunisia.

"Kami mengandalkan gelombang kemarahan nasional ini untuk membuat segalanya berubah sekali dan untuk semua," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4123 seconds (0.1#10.140)