Daftar Pemimpin Dunia yang Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:23 WIB
loading...
A A A
“UE menyampaikan simpatinya kepada keluarga semua korban dan warga Iran yang terkena dampaknya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

4. Hamas

"Hamas menyampaikan belasungkawa dan solidaritas terdalam kepada [Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali] Khamenei, pemerintah dan rakyat Iran atas kehilangan yang sangat besar ini," bunyi pernyataan Hamas.

5. Hizbullah

Hizbullah menyampaikan belasungkawa.

Kelompok pendukung Iran di Lebanon ini memuji perjuangan para syuhada dalam membela perjuangan bangsa dan pengabdian mereka kepada Iran, berdoa kepada Tuhan agar memberkati mereka dengan rahmat-Nya, agar melindungi Khamenei, dan agar memberikan Iran kemampuan untuk mengatasi cobaan tersebut dengan kesabaran dan tekad.

6. India

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dia “sangat sedih dan terkejut” atas kematian Raisi.

“Kontribusinya dalam memperkuat hubungan bilateral India-Iran akan selalu dikenang. Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada keluarganya dan rakyat Iran. India mendukung Iran di masa duka ini,” tulis Modi di X.

7. Irak

“Kami menyatakan solidaritas kami dengan saudara-saudara Iran dan para pejabat Republik Islam selama tragedi yang menyakitkan ini,” kata Perdana Menteri Irak Shia al-Sudani dalam sebuah pernyataan.

8. Italia

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia;Channel 5, Perdana Menteri Georgia Meloni mengatakan bahwa dia melihat “saat ini pihak berwenang Iran memuji tesis kecelakaan tersebut dan bukan teori konspirasi.”

“Saya tidak melihat adanya perubahan dalam tatanan internal di Iran, kami terus berhubungan dengan sekutu kami di Eropa dan G7 karena kami membicarakan sebuah insiden yang merupakan bagian dari kerangka regional yang sangat kompleks,” katanya.

“Saya berharap kepemimpinan Iran di masa depan mau berkomitmen terhadap stabilisasi dan pengamanan kawasan,” katanya.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)