Daftar Pemimpin Dunia yang Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:23 WIB
loading...
A A A
“Saya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan semua yang tewas dalam kecelakaan helikopter kemarin,” kata Paus Fransiskus dalam telegram yang ditulis dalam bahasa Inggris dan ditujukan kepada Khamenei.

15. Qatar

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran.

“Memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa rahmat dan pengampunan bagi [mereka yang meninggal] dan keluarga mereka dengan kesabaran dan penghiburan. Kita milik Allah dan kepada-Nya kita kembali,” tulisnya di X.

16. Rusia

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua pejabat tinggi yang disebutnya sebagai “teman terpercaya” Rusia.

“Peran mereka dalam memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan Rusia-Iran dan kemitraan saling percaya sangat berharga,” kata Lavrov.

“Kami dengan tulus menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga dan teman-teman para korban, serta kepada seluruh rakyat Iran. Pikiran dan hati kami bersama Anda di saat yang menyedihkan ini.”

Presiden Vladimir Putin bergabung dengan Lavrov dalam menyampaikan belasungkawa kepada Teheran.

“Raisi adalah politisi luar biasa yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk mengabdi pada tanah airnya,” kata Putin dalam suratnya kepada Khamenei, yang diterbitkan di situs Kremlin.

“Sebagai sahabat sejati Rusia, dia memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antara negara-negara kita, dan melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis,” tambahnya.

17. Sudan

Dalam sebuah pernyataan, ketua dewan kedaulatan Sudan Abdel Fattah Al-Burhan menyampaikan “belasungkawa dan simpati yang tulus kepada rakyat Iran yang bersahabat.”
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)