Daftar Pemimpin Dunia yang Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:23 WIB
loading...
Daftar Pemimpin Dunia...
Puluhan pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Presiden Iran Ebrahim Raisi meninggal setelah helikopter yang membawanya jatuh di provinsi Azerbaijan Timur, Iran, pada Minggu sore.

Selain presiden, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan para pejabat tinggi lainnya yang satu rombongan juga meninggal.

Pada Senin pagi, pekerja bantuan menemukan helikopter yang jatuh tersebut. Televisi pemerintah melaporkan bahwa jenazah presiden dan penumpang lainnya telah diidentifikasi.

Setelah pemerintah mengonfirmasi kematian Presiden Raisi, para pemimpin dunia ramai-ramai menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan.



Daftar Pemimpin Dunia Berbelasungkawa atas Meninggalnya Ebrahim Raisi


1. China

Presiden Xi Jinping menyebut kematian tragis Raisi sebagai kerugian besar bagi rakyat Iran. Menurutnya, rakyat China telah kehilangan "seorang teman baik”.

2. Mesir

Pernyataan belasungkawa disampaikan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

"Presiden Republik Arab Mesir berdoa agar almarhum Presiden Iran dan almarhum lainnya dapat beristirahat dalam rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dan memberikan kesabaran dan penghiburan bagi keluarga mereka. Republik Arab Mesir bersama para pemimpin dan rakyat Iran dalam insiden mengerikan ini," bunyi pernyataan El-Sisi.

3. Uni Eropa

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, menyampaikan belasungkawa yang tulus atas kematian Raisi, Amir-Abollahian dan pejabat Iran lainnya yang tewas dalam kecelakaan itu.

Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri blok tersebut, juga menyampaikan belasungkawa.

“UE menyampaikan simpatinya kepada keluarga semua korban dan warga Iran yang terkena dampaknya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

4. Hamas

"Hamas menyampaikan belasungkawa dan solidaritas terdalam kepada [Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali] Khamenei, pemerintah dan rakyat Iran atas kehilangan yang sangat besar ini," bunyi pernyataan Hamas.

5. Hizbullah

Hizbullah menyampaikan belasungkawa.

Kelompok pendukung Iran di Lebanon ini memuji perjuangan para syuhada dalam membela perjuangan bangsa dan pengabdian mereka kepada Iran, berdoa kepada Tuhan agar memberkati mereka dengan rahmat-Nya, agar melindungi Khamenei, dan agar memberikan Iran kemampuan untuk mengatasi cobaan tersebut dengan kesabaran dan tekad.

6. India

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dia “sangat sedih dan terkejut” atas kematian Raisi.

“Kontribusinya dalam memperkuat hubungan bilateral India-Iran akan selalu dikenang. Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada keluarganya dan rakyat Iran. India mendukung Iran di masa duka ini,” tulis Modi di X.

7. Irak

“Kami menyatakan solidaritas kami dengan saudara-saudara Iran dan para pejabat Republik Islam selama tragedi yang menyakitkan ini,” kata Perdana Menteri Irak Shia al-Sudani dalam sebuah pernyataan.

8. Italia

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia;Channel 5, Perdana Menteri Georgia Meloni mengatakan bahwa dia melihat “saat ini pihak berwenang Iran memuji tesis kecelakaan tersebut dan bukan teori konspirasi.”

“Saya tidak melihat adanya perubahan dalam tatanan internal di Iran, kami terus berhubungan dengan sekutu kami di Eropa dan G7 karena kami membicarakan sebuah insiden yang merupakan bagian dari kerangka regional yang sangat kompleks,” katanya.

“Saya berharap kepemimpinan Iran di masa depan mau berkomitmen terhadap stabilisasi dan pengamanan kawasan,” katanya.

9. Jepang

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan negaranya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada pemerintah dan rakyat Iran atas meninggalnya Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Amir-Abdollahian.

10. Yordania

Dalam sebuah postingan di platform media sosial X, Raja Yordania Abdullah menyampaikan “belasungkawa sedalam-dalamnya kepada saudara-saudara, kepemimpinan, pemerintah dan rakyat Republik Islam Iran atas meninggalnya Saudara Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Saudara Hossein Amir-AbdOllahian dan yang menemani mereka.”

“Semoga Tuhan mengampuni mereka semua. Kami berdiri dalam solidaritas dengan saudara-saudara kami di Iran dalam situasi sulit ini,” lanjut Raja Abdullah.

11. Indonesia

Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Raisi.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi, beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran. Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran," tulis Presiden Widodo di X.

12. Malaysia

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan dia sangat sedih dengan berita tersebut, dan menyatakan bahwa dia mendapat kehormatan karena bertemu Raisi pada November lalu.

“Dedikasinya terhadap keadilan, perdamaian, dan kebangkitan ummat [komunitas Islam] sungguh menginspirasi. Kami berkomitmen untuk memperkuat hubungan Malaysia-Iran, bekerja sama demi kemajuan masyarakat kami dan dunia Muslim. Janji kami akan dipenuhi,” kata Ibrahim.

13. Pakistan

Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengumumkan hari berkabung di Pakistan.

“Semoga jiwa-jiwa yang mati syahid beristirahat dalam kedamaian surgawi. Bangsa besar Iran akan mengatasi tragedi ini dengan keberanian,” tulis Sharif di X.

14. Paus Fransiskus

Paus Fransiskus dari Vatikan telah menyampaikan belasungkawa kepada pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada hari Senin setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter.

“Saya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan semua yang tewas dalam kecelakaan helikopter kemarin,” kata Paus Fransiskus dalam telegram yang ditulis dalam bahasa Inggris dan ditujukan kepada Khamenei.

15. Qatar

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran.

“Memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa rahmat dan pengampunan bagi [mereka yang meninggal] dan keluarga mereka dengan kesabaran dan penghiburan. Kita milik Allah dan kepada-Nya kita kembali,” tulisnya di X.

16. Rusia

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua pejabat tinggi yang disebutnya sebagai “teman terpercaya” Rusia.

“Peran mereka dalam memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan Rusia-Iran dan kemitraan saling percaya sangat berharga,” kata Lavrov.

“Kami dengan tulus menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga dan teman-teman para korban, serta kepada seluruh rakyat Iran. Pikiran dan hati kami bersama Anda di saat yang menyedihkan ini.”

Presiden Vladimir Putin bergabung dengan Lavrov dalam menyampaikan belasungkawa kepada Teheran.

“Raisi adalah politisi luar biasa yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk mengabdi pada tanah airnya,” kata Putin dalam suratnya kepada Khamenei, yang diterbitkan di situs Kremlin.

“Sebagai sahabat sejati Rusia, dia memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antara negara-negara kita, dan melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis,” tambahnya.

17. Sudan

Dalam sebuah pernyataan, ketua dewan kedaulatan Sudan Abdel Fattah Al-Burhan menyampaikan “belasungkawa dan simpati yang tulus kepada rakyat Iran yang bersahabat.”

18. Suriah

Presiden Suriah Bashar Al-Assad menegaskan solidaritas Suriah terhadap Republik Islam Iran dan keluarga korban meninggal.

Assad menambahkan bahwa Suriah telah bekerja sama dengan mendiang presiden tersebut untuk memastikan hubungan strategis antara Suriah dan Iran tetap sejahtera, mengingat kunjungan penting Presiden Ebrahim Raisi ke Suriah sebagai bagian dari meningkatkan hubungan demi kepentingan kedua negara.

19. Turki

Menteri Luar Negeri Hakan Fidan menyampaikan belasungkawa dan mengatakan Ankara telah melakukan kontak dengan Iran sejak mendengar tentang kecelakaan itu pada hari Minggu.

Dia mengatakan lembaga-lembaga terkait di Turki, termasuk kementerian pertahanan dan otoritas manajemen bencana, telah berupaya semaksimal mungkin. "Namun sayangnya, kami tidak dapat mendengar kabar baik,” ujarnya pada konferensi pers bersama dengan koleganya dari Pakistan, Ishaq Dar, di Islamabad.

20. Venezuela

“Sangat sedih harus mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang patut dicontoh, pemimpin dunia yang luar biasa seperti saudara kita Ebrahim, dan akan selalu menjadi manusia yang luar biasa, pembela kedaulatan rakyatnya dan sahabat tanpa syarat bagi negara kita,” kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X.

21. Houthi Yaman

Mohammed Ali al-Houthi, ketua Komite Revolusi Tertinggi Houthi, menyatakan “belasungkawa sedalam-dalamnya” kepada rakyat Iran dan keluarga para pejabat yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Al-Houthi menambahkan kepastiannya bahwa Iran akan terus “mematuhi pemimpin setia rakyatnya, atas kehendak Tuhan”.

22. Uni Emirat Arab

“Hati kami bersama Anda di masa sulit ini. Doa kami semoga Tuhan melindungi mereka dengan rahmat-Nya yang luas dan menempatkan mereka di surga-Nya yang luas,” kata Perdana Menteri Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum.

23. Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyampaikan “belasungkawa resmi” atas kematian Presiden Raisi dan pejabat Iran lainnya dalam kecelakaan helikopter.

“Saat Iran memilih presiden baru, kami menegaskan kembali dukungan kami terhadap rakyat Iran dan perjuangan mereka untuk hak asasi manusia dan kebebasan mendasar,” kata juru bicara departemen tersebut, Matthew Miller, dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengaku belum mengetahui penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

“Saya tidak bisa berspekulasi tentang apa yang mungkin menjadi penyebabnya,” katanya kepada wartawan.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)