Daftar Pemimpin Dunia yang Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:23 WIB
loading...
A A A

18. Suriah

Presiden Suriah Bashar Al-Assad menegaskan solidaritas Suriah terhadap Republik Islam Iran dan keluarga korban meninggal.

Assad menambahkan bahwa Suriah telah bekerja sama dengan mendiang presiden tersebut untuk memastikan hubungan strategis antara Suriah dan Iran tetap sejahtera, mengingat kunjungan penting Presiden Ebrahim Raisi ke Suriah sebagai bagian dari meningkatkan hubungan demi kepentingan kedua negara.

19. Turki

Menteri Luar Negeri Hakan Fidan menyampaikan belasungkawa dan mengatakan Ankara telah melakukan kontak dengan Iran sejak mendengar tentang kecelakaan itu pada hari Minggu.

Dia mengatakan lembaga-lembaga terkait di Turki, termasuk kementerian pertahanan dan otoritas manajemen bencana, telah berupaya semaksimal mungkin. "Namun sayangnya, kami tidak dapat mendengar kabar baik,” ujarnya pada konferensi pers bersama dengan koleganya dari Pakistan, Ishaq Dar, di Islamabad.

20. Venezuela

“Sangat sedih harus mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang patut dicontoh, pemimpin dunia yang luar biasa seperti saudara kita Ebrahim, dan akan selalu menjadi manusia yang luar biasa, pembela kedaulatan rakyatnya dan sahabat tanpa syarat bagi negara kita,” kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X.

21. Houthi Yaman

Mohammed Ali al-Houthi, ketua Komite Revolusi Tertinggi Houthi, menyatakan “belasungkawa sedalam-dalamnya” kepada rakyat Iran dan keluarga para pejabat yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Al-Houthi menambahkan kepastiannya bahwa Iran akan terus “mematuhi pemimpin setia rakyatnya, atas kehendak Tuhan”.

22. Uni Emirat Arab

“Hati kami bersama Anda di masa sulit ini. Doa kami semoga Tuhan melindungi mereka dengan rahmat-Nya yang luas dan menempatkan mereka di surga-Nya yang luas,” kata Perdana Menteri Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum.

23. Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyampaikan “belasungkawa resmi” atas kematian Presiden Raisi dan pejabat Iran lainnya dalam kecelakaan helikopter.

“Saat Iran memilih presiden baru, kami menegaskan kembali dukungan kami terhadap rakyat Iran dan perjuangan mereka untuk hak asasi manusia dan kebebasan mendasar,” kata juru bicara departemen tersebut, Matthew Miller, dalam sebuah pernyataan.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)