Tiru Israel, Polandia Ungkap Rencana Bikin Iron Dome-nya Uni Eropa

Rabu, 22 Mei 2024 - 12:43 WIB
loading...
A A A
Meskipun militer Israel mengeklaim bahwa Iron Dome dapat mencegat sekitar 90% proyektil yang masuk, beberapa analis menyebutkan angka sebenarnya adalah 30%.

Bahkan pada perkiraan yang lebih tinggi, serangan drone dan rudal Iran baru-baru ini terhadap Israel menunjukkan bahwa dengan menembakkan cukup banyak proyektil, sistem tersebut dapat kewalahan dan dikalahkan.

Iron Dome Uni Eropa yang dibicarakan Tusk bukanlah proyek yang dipimpin oleh Polandia. Sebaliknya, Polandia akan bergabung dengan European Sky Shield Initiative (ESSI) atau Inisiatif Perisai Langit Eropa, yang pertama kali diusulkan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz pada tahun 2022.

Lebih dari 20 negara Uni Eropa lainnya telah menandatangani inisiatif tersebut dan, setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen bulan lalu, Tusk mengatakan: “Niat saya agar Polandia bergabung dengan proyek ini.”

Sebelum partai Civic Platform yang dipimpin Tusk mengambil alih kekuasaan tahun lalu, partai konservatif Hukum dan Keadilan (PiS) menolak bergabung dengan skema yang dipimpin Jerman.

PiS masih menjadi partai oposisi utama di negara tersebut dan tetap menentang gagasan tersebut, di mana mantan Menteri Pertahanan Mariusz Blasczak bulan lalu berpendapat bahwa ESSI lebih menyukai industri senjata Jerman dan jauh lebih mahal dan kurang maju dibandingkan dengan sistem pertahanan udara Polandia yang ada.

Presiden Andrzej Duda, anggota PiS, juga menolak rencana Tusk, dan menyebut ESSI sebagai “proyek bisnis Jerman".

Menurut militer Jerman, ESSI akan terdiri dari baterai rudal Patriot yang dipasok Amerika Serikat dan peluncur rudal jarak menengah IRIS-T Jerman, serta rudal anti-balistik Arrow 3 Israel.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)
pixels