Tiru Israel, Polandia Ungkap Rencana Bikin Iron Dome-nya Uni Eropa

Rabu, 22 Mei 2024 - 12:43 WIB
loading...
Tiru Israel, Polandia Ungkap Rencana Bikin Iron Dome-nya Uni Eropa
Uni Eropa ingin membangun sistem pertahanan rudal seperti sistem pertahanan Iron Dome andalan Israel. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Perdana Menteri (PM) Polandia Donald Tusk mengungkap rencana membangun jaringan sistem pertahanan rudal untuk melindungi seluruh Uni Eropa. Sistem itu meniru sistem pertahanan Iron Dome yang jadi andalan Israel.

Tusk mengatakan dalam beberapa hari mendatang dia dan para pemimpin Uni Eropa lainnya akan mempresentasikan rencana pembangunan jaringan pertahanan rudal ala Iron Dome Israel tersebut.

Namun, para pemimpin oposisi di Warsawa menyatakan bahwa sistem seperti, pada khususnya, akan menguntungkan industri senjata Jerman.



Bank Investasi Eropa (EIB) mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan memberi Polandia €300 juta untuk pembuatan sistem satelit pengintai, yang pada akhirnya dapat diintegrasikan ke dalam jaringan pertahanan rudal di seluruh Uni Eropa.

“Membuat Iron Dome untuk melawan rudal dan drone adalah hal yang perlu,” kata Tusk pada konferensi pers dengan presiden EIB Nadia Calvino di Warsawa.

“Serangan baru-baru ini terhadap Israel menunjukkan betapa pentingnya sistem tersebut. Tidak ada alasan bagi Eropa untuk tidak memiliki perisai pertahanan misilnya," paparnya, seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (22/5/2024).

“Sistem satelit dan pengintaian akan menjadi bagian penting dari proyek ini, yang akan saya presentasikan bersama dengan perdana menteri Eropa lainnya dalam beberapa hari,” lanjut Tusk.

"Gagasan pertahanan udara pan-Eropa akan semakin menjadi mimpi dan semakin menjadi rencana yang nyata dan praktis," paparnya.

Dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries, Iron Dome telah digunakan oleh Israel sejak 2011 untuk melacak, mencegat, dan menghancurkan roket, rudal, dan drone yang masuk.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)
pixels