alexametrics

Mahathir: Malaysia Siap 'Selesaikan Masalah' dengan Korut

loading...
Mahathir: Malaysia Siap Selesaikan Masalah dengan Korut
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Foto/Istimewa
A+ A-
PUTRAJAYA - Malaysia siap untuk menyelesaikan masalah dengan Korea Utara (Korut) setelah pembunuhan terhadap Kim Jong-nam dua tahun lalu. Hal itu dikatakan oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

Kim Jong-nam adalah saudara tiri dari pemimping Korut Kim Jong-un yang diasingkan. Ia tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 setelah diduga diolesi racus saraf VX di wajahnya oleh dua orang wanita asal Indonesia dan Vietnam. Ia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Kami memiliki masalah dengan Korea Utara setelah kematian warga Korea Utara di sini," kata Mahathir, yang menggambarkan hubungan antara kedua negara sebagai "batu", lapor New Straits Times.



"Malaysia akan menyelesaikan masalahnya dengan Korea Utara nanti," tambahnya.

"Tentang apakah kita akan membuka kembali kedutaan kita, kita akan menyelesaikan masalah itu nanti," tukasnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (12/2/2019).

Pembunuhan yang terjadi pada Februari 2017 itu mengejutkan dunia dan memicu pertikaian diplomatik antara Malaysia dengan Korut.

Kedutaan Besar Malaysia di Pyongyang dilaporkan tidak memiliki staf sejak April 2017.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asian Review tahun lalu, Mahathir dikutip mengatakan bahwa Malaysia akan membuka kembali kedutaannya di Pyongyang dan mungkin membangun kembali hubungannya dengan Korut.

Mengomentari pertemuan mendatang antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Mahathir mengatakan: "Segala upaya oleh negara mana pun untuk bekerja dengan Malaysia akan disambut baik. Apa yang tidak ingin kita lihat adalah konfrontasi dan konflik."

Trump dan Jong-un akan mengadakan pertemuan kedua mereka di Hanoi pada 27 dan 28 Februari, menyusul pertemuan puncak 12 Juni yang belum pernah terjadi sebelumnya di Singapura pada tahun lalu.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak