Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Senin, 24 Agustus 2020 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Gara-gara aksi Felt, Presiden Nixon terpaksa turun dari jabatannya. Sejak saat itu, publik Amerika tidak sepenuhnya percaya pada institusi kepresidenan. (Lihat grafis: Amunisi Anyar China; Meratakan Area Luas dengan sekali Tembakan)

4. Linda Tripp
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Meski terpaut perbedaan usia cukup jauh, karyawan Pentagon Linda Tripp menjalin persahabatan dengan pegawai magang Gedung Putih Monica Lewinsky. Pada 1997, Tripp diam-diam merekam perselingkungan Lewinsky dengan Presiden Bill Clinton.

Dia akhirnya menyerahkan rekaman tersebut kepada jaksa penuntut khusus Kenneth Starr. Rekaman ini menjadi instrumen dalam persidangan pemakzulan Clinton pada 1998. Tripp tetap bersikeras bahwa motifnya patriotik, tetapi banyak yang berasumsi dia mengkhianati Lewinsky untuk menghindari tuduhan penyadapan ilegal.

Terlepas dari itu, dia akhirnya dipecat dari pekerjaannya di Pentagon. Dia meninggal pada April 2020 karena kanker pankreas. (Baca juga: Linda Tripp, Wanita yang Membongkar Perselingkuhan Clinton Meninggal)

5. Karen Silkwood
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Karen Silkwood menjadi whistleblower paling tenar sepanjang sejarah demi memperjuangkan keadilan yang dianutnya. Aktivis serikat buruh tersebut pada mulanya bekerja di perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir di Oklahoma, Kerr-McGee, AS.

Dia menemukan fakta bahwa banyak pelanggaran regulasi keselamatan yang dilakukan perusahaannya. Karen lalu melaporkannya ke Komisi Energi Atom. Namun apa yang terjadi setelah pengungkapan tersebut bak bumerang bagi nyawanya. Secara misterius, Karen dan rumahnya terpapar zat plutonium berbahaya dalam jumlah besar.

Atas kejadian itu ia memilih menyerahkan semua bukti kepada media cetak. Nahas, sebelum keadilan ditegakkan, pada 13 November 1974 Karen ditemukan tewas misterius di dalam mobilnya. (Lihat foto: Drive in Senja, Serunya Nonton Bioskop Dari Dalam Mobil)

6. Frank Serpico
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Polisi New York City, Frank Serpico menjadi inspirasi sebuah film layar lebar pada 1973 berjudul Serpico. Aktor utamanya adalah Al Pacino.

Kisahnya dianggap menarik karena menunjukkan keberanian dan pengabdian yang tinggi kepada negara. Frank Serpico mengungkap praktik korupsi dalam tubuh instansinya sendiri. Dia menjadi narasumber bagi New York Times untuk melaporkan kesewenang-wenangan atasannya di kepolisian. (Lihat video: Konstruksi Proyek Tol Cibitung-Cilincing Ambruk, 8 Pekerja Terluka)

Kejujuran Frank dibayar dengan harga sangat mahal. Ia menjadi sasaran tembak saat razia. Untunglah nyawa Serpico tertolong, walaupun wajahnya terserempet peluru. Serpico akhirnya memutuskan pensiun dan pindah ke luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)