Horor, Pesawat Kargo Boeing Mendarat di Istanbul Tanpa Roda Depan

Kamis, 09 Mei 2024 - 09:06 WIB
loading...
Horor, Pesawat Kargo Boeing Mendarat di Istanbul Tanpa Roda Depan
Pesawat kargo FedEx Airlines Boeing 767 mendarat di Bandara Istanbul tanpa roda pendaratan depan. Foto/Screenshot video REUTERS
A A A
ISTANBUL - Sebuah insiden mengerikan dialami pesawat kargo FedEx Airlines Boeing 767, di mana pesawat tersebut mendarat di Bandara Istanbul tanpa roda pendaratan (landing gear) depan pada Rabu.

Kementerian Transportasi Turki mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dan pihak berwenang telah melakukan penyelidikan.

Menurut kementerian itu, pesawat tersebut, yang terbang dari Bandara Charles de Gaulle Paris, Prancis, memberi tahu petugas menara kontrol di Istanbul bahwa roda pendaratannya gagal dibuka dan mendarat dengan panduan dari menara, sehingga tetap berada di landasan pacu.



Tim penyelamat dan pemadam kebakaran bandara dikerahkan sebelum pesawat mendarat. Kementerian tersebut tidak memberikan alasan penyebab insiden itu.

Pesawat itu adalah pesawat kargo Boeing 767 yang berusia hampir 10 tahun, salah satu pesawat kargo paling umum dan didasarkan pada model penumpang 767 yang berasal dari tahun 1980-an.

Seorang pejabat dari Kementerian Transportasi Turki mengatakan timnya sedang melakukan pemeriksaan di tempat kejadian sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Boeing merujuk pertanyaan tersebut ke FedEX, yang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan otoritas investigasi dan akan memberikan informasi tambahan jika tersedia.

Rekaman video yang diperoleh Reuters, Kamis (9/5/2024), menunjukkan percikan api beterbangan dan asap mengepul saat bagian depan pesawat bergesekan dengan jalan di sepanjang landasan pacu sebelum berhenti dan disiram dengan busa pemadam kebakaran. Tampaknya tidak ada kebakaran yang terjadi.

Video tersebut menunjukkan pilot menahan hidung pesawat di atas landasan selama beberapa detik setelah roda utama menyentuh tanah, tampaknya melakukan manuver darurat untuk mendarat.

Pada bulan Juni tahun lalu, sebuah pesawat kecil Boeing 717 berusia 22 tahun yang diterbangkan oleh Delta Airlines melakukan pendaratan serupa di Charlotte, North Carolina, dalam sebuah insiden yang kemudian diduga disebabkan oleh komponen yang retak.

Otoritas Bandara Istanbul (IGA) mengatakan landasan pacu ditutup sementara untuk lalu lintas udara, namun landasan pacu lain di bandara tersebut masih beroperasi normal.

Produsen biasanya tidak terlibat dalam pengoperasian atau pemeliharaan jet setelah memasuki layanan, namun Boeing berada di bawah pengawasan ketat media dan regulator menyusul serangkaian insiden pada pesawat 737 yang lebih kecil.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)