Israel Menentang Penjualan Jet Tempur F-35 AS ke UEA

Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:35 WIB
loading...
Israel Menentang Penjualan Jet Tempur F-35 AS ke UEA
Israel menentang penjuangan pesawat tempur F-35 ke UEA meski telah menormalisasi hubungan. Foto/Sky Magazine
A A A
TEL AVIV - Israel akan menentang penjualan jettempur F-35 Amerika Serikat (AS) ke Uni Emirat Arab (UEA). Sikap keberatan Israel ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu , beberapa hari setelah kedua negara sepakat untuk menormalisasi hubungan.

Dalam pernyataannya, Netanyahu merujuk pada kebutuhan untuk mempertahankan superioritas militer Israel di wilayah tersebut.

"Dalam pembicaraan (tentang kesepakatan normalisasi UEA), Israel tidak mengubah posisi konsistennya terhadap penjualan senjata dan teknologi pertahanan ke negara mana pun di Timur Tengah yang dapat mempengaruhi keseimbangan (militer)," kata kantor Netanyahu.

"Penentangan ini termasuk setiap penjualan F-35 yang diusulkan," tambahnya seperti dilansir dari VOA, Selasa (18/8/2020).

Pernyataan itu dikeluarkan menyusul laporan di surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, bahwa pemerintahan Trump merencanakan kesepakatan "raksasa" F-35 dengan UEA sebagai bagian dari langkah negara Teluk yang ditengahi AS pekan lalu untuk menormalkan hubungan dengan Israel. (Baca: Dibantu Trump, Israel dan UEA Capai Kesepakatan Normalisasi Hubungan )

Kedutaan Besar AS di Yerusalem dan perwakilan pemerintah UEA tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Di bawah nota kesepahaman sejak beberapa dekade lalu, Washington telah menahan diri untuk menjual senjata ke Timur Tengah yang dapat menumpulkan "keunggulan militer kualitatif" (QME) Israel. Ini telah diterapkan pada penjualan pesawat tempur F-35, tidak dijual kepada negara-negara Arab, sementara Israel telah membeli dan menyebarkannya.

Pemerintahan Trump telah mengisyaratkan bahwa UEA dapat memperoleh penjualan senjata baru AS yang tidak ditentukan setelah pengumuman normalisasi hubungan pada Kamis lalu. (Baca: AS Redam Rumor Potensi Jet Tempur Siluman F-35 Dijual ke UEA )

Menteri Energi Israel Yuval Steinitz, seorang pengamat di kabinet keamanan Netanyahu, mencatat bahwa pemerintahan AS di masa lalu telah "bertentangan dengan keinginan kami" menjual pesawat tempur F-16 yang lebih canggih daripada yang dimiliki Israel serta pesawat tempur F-15 ke Arab Saudi.

Bahkan jika Washington akan menjual F-35 ke UEA, Steinitz mengatakan kepada stasiun radio publik Kan bahwa mereka tidak mungkin menimbulkan bahaya bagi Israel karena jarak antar negara lebih dari dua kali jangkauan jet tanpa pengisian bahan bakar.

"Saya ingin memberi kami kepastian F-35 apa pun yang berakhir, pada akhirnya, di Uni Emirat Arab - bukan berarti kami akan senang dengan ini, karena kami selalu ingin menjadi satu-satunya (dengan senjata seperti itu) di kawasan - mengancam Iran jauh lebih banyak daripada kita," katanya, mengutip musuh yang sama bagi Israel dan banyak Teluk Arab.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)