Turki Sambut Baik Rencana AS Ciptakan Zona Aman di Suriah

Kamis, 17 Januari 2019 - 06:04 WIB
Turki Sambut Baik Rencana AS Ciptakan Zona Aman di Suriah
Turki Sambut Baik Rencana AS Ciptakan Zona Aman di Suriah
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut proposal Amerika Serikat (AS) untuk membangun zona aman sedalam 32 km di dalam wilayah timur laut Suriah. Menurutnya zona tersebut akan dibentuk oleh militer Turki.

"Trump sekali lagi menegaskan keputusannya untuk menarik diri dari Suriah. Dia juga berbicara tentang zona keamanan lebih dari 30 kilometer di dalam (Suriah), yang akan didirikan oleh kami," kata Erdogan ketika berpidato di hadapan anggota parlemennya seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (17/1/2019).

Zona ini mungkin diperpanjang, katanya, mencatat bahwa pejabat Turki dan AS akan membahas aspek teknis dari zona aman yang diusulkan di sepanjang perbatasan Suriah.

Erdogan merujuk pada percakapan telepon awal pekan ini di mana ia dan Trump telah mencapai pemahaman tentang pentingnya sejarah.

"Presiden menyatakan keinginan untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah keamanan Turki di Suriah timur laut sambil menekankan pentingnya bagi Amerika Serikat bahwa Turki tidak menganiaya Kurdi dan Pasukan Demokrat Suriah lainnya," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Ankara dan Washington telah berselisih mengenai pembebanan terakhir kepada Turki karena memberikan jaminan bahwa Turki tidak akan menyerang Unit Perlindungan Rakyat (YPG) setelah penarikan pasukan AS.

Pembicaraan telepon terbaru ini datang setelah ancaman tweeted Trump pada hari Minggu untuk "menghancurkan Turki secara ekonomi jika mereka memukul Kurdi," merujuk pada YPG, yang dianggap Ankara sebagai cabang Suriah dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

AS dan Turki telah berselisih dalam beberapa tahun terakhir mengenai milisi Kurdi di Suriah utara, sekutu AS dalam perang anti Negara Islam.

Tweet keras terakhir Presiden AS itu mengejutkan bagi sekutu NATO-nya, tetapi kepemimpinan Turki tampaknya berusaha untuk menjaga hubungan bilateral tetap tenang dan mendesak Trump untuk berbicara melalui saluran dialog daripada pesan melalui media sosial.

Terlepas dari semua pasang surut dalam hubungan timbal balik, Turki dan AS terus melakukan pembicaraan teknis tentang kerja sama dan koordinasi untuk penarikan 2.000 tentara AS di timur laut Suriah dan untuk misi anti-IS Ankara di sana.

Gagasan tentang zona aman di Suriah utara telah lama dipromosikan oleh Turki selama beberapa tahun setelah bentrokan meletus di Suriah, terutama untuk mengalahkan kemungkinan ancaman oleh pejuang Kurdi Suriah ke perbatasan Turki. Tetapi proposal itu dibunuh oleh pemerintahan Obama.

"Kami telah menyarankan untuk mengamankan tanah jika AS akan memberikan perlindungan udara. Obama tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan meskipun dia mendukungnya," kata Erdogan.

Modalitas zona aman perlu diklarifikasi dan apa yang AS sarankan dalam rencana ini akan dirinci dalam beberapa hari mendatang, seorang pejabat Turki mengatakan kepada Xinhua dengan syarat anonimitas.

Pejabat itu mengatakan bahwa pejabat Turki dan AS akan bertemu di Washington pada 5 Februari untuk pertemuan kelompok kerja di Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)