4 Hal yang Diketahui soal Serangan Balik Israel terhadap Iran

Senin, 22 April 2024 - 12:56 WIB
loading...
A A A
Beberapa pakar percaya bahwa skala serangan yang relatif kecil pada hari Jumat mungkin disebabkan oleh tekanan yang diberikan oleh AS dan sekutunya, serta fakta bahwa Israel terlibat dalam front lain dengan Hamas dan Hizbullah.

Seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Washington Post bahwa serangan itu dimaksudkan untuk memberikan sinyal kepada Iran bahwa Israel mempunyai kemampuan untuk menyerang di dalam negeri.

Beberapa analis mengambil sikap yang berbeda, dengan membandingkan akibat serangan tersebut dan bukan bagaimana serangan tersebut dilakukan.

Menashe Amir, seorang analis urusan Timur Tengah, mengatakan kepada Iran International bahwa serangan tersebut serupa: Iran bermaksud menargetkan Pangkalan Udara Nevatim, dan Israel juga menyerang pangkalan militer sebagai balasannya. Bedanya, Iran harus menggunakan artileri secara besar-besaran sedangkan Israel tidak, hal ini menunjukkan keunggulan kekuatan militer Israel.

Menurut Amir, penyerangan tersebut sesuai dengan doktrin yang selalu diusung militer Israel: tidak terlibat perang di beberapa lini.

Analis politik Hessam Dastpish mengatakan kepada Iran International bahwa Iran dan Israel mencapai tujuan masing-masing melalui penggunaan metode konflik masing-masing.

Iran menciptakan keributan besar-besaran untuk memuaskan kelompok-kelompok proksi, sementara Israel menginginkan dukungan dari AS dan sekutunya, sehingga di bawah tekanan mereka, Iran menerapkan strategi yang berbeda.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)