4 Hal yang Diketahui soal Serangan Balik Israel terhadap Iran

Senin, 22 April 2024 - 12:56 WIB
loading...
4 Hal yang Diketahui soal Serangan Balik Israel terhadap Iran
Pangkalan Udara Shekari ke-8 di Esfahan, situs militer Iran yang disebut jadi target serangan balik Israel. Foto/Iran International
A A A
JAKARTA - Israel dilaporkan telah melakukan serangan balik terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024). Itu terjadi setelah Teheran meluncurkan serangan ratusan drone dan rudal ke wilayah negara Yahudi tersebut pada Minggu (14/4/2024).

Aksi saling serang ini dipicu oleh serangan udara yang meratakan konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024—menewaskan tujuh perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) termasuk dua jenderal senior.

Serangan Iran terhadap Israel untuk pertama kalinya tidak menimbulkan korban jiwa. Begitu juga dengan serangan balik Israel terhadap Iran.



4 Hal yang Diketahui soal Serangan Balik Israel terhadap Iran

1. Apa yang Terjadi di Iran?


Kantor berita IRNA, yang dikelola pemerintah Iran, melaporkan aktivasi anti-pesawat di Pangkalan Udara Shekhari ke-8 di Esfahan sambil mengeklaim bahwa situasinya normal.

Sementara itu, situs flightradar24.com menunjukkan bahwa selama beberapa jam setelah insiden tersebut, lalu lintas udara Iran lebih rendah daripada biasa.

Para pejabat Iran belum secara resmi mengonfirmasi serangan itu dilakukan oleh Israel dan hanya mengatakan pertahanan udara Esfahan telah menargetkan beberapa “burung mikro dan objek mencurigakan”.

Para pejabat Amerika Serikat mengonfirmasi kepada ABC News bahwa tiga rudal ditembakkan dari pesawat tempur Israel di luar Iran.

“Israel menargetkan situs radar pertahanan udara di dekat Esfahan yang merupakan bagian dari perlindungan fasilitas nuklir Natanz,” kata seorang pejabat.

“Penilaian pertama adalah serangan tersebut menghancurkan lokasi tersebut, namun penilaian belum selesai,” lanjut pejabat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)