Senator AS Desak Israel Hiroshima-kan Gaza, Jepang Marah Luka Lama Bom Atom Diusik

Jum'at, 17 Mei 2024 - 08:26 WIB
loading...
Senator AS Desak Israel Hiroshima-kan Gaza, Jepang Marah Luka Lama Bom Atom Diusik
Jepang marah atas desakan Senator AS Lindsey Graham untuk mengebom Gaza seperti Amerika mengebom Hiroshima dengan bom atom saat Perang Dunia II. Foto/Wikimedia Commons
A A A
TOKYO - Senator terkemuka Amerika Serikat (AS) Lindsey Graham telah mendesak Israel mengebom Gaza seperti Amerika mengebom Hiroshima dengan bom atom pada Perang Dunia II. Jepang marah dengan seruan tersebut.

Tokyo tak terima "luka lama" soal tragedi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki menjadi rujukan bagi Israel dalam menghancurkan Gaza, Palestina.

Menteri Luar Negeri Jepang Kamikawa Yoko menyatakan ketidaksetujuannya atas komparasi yang dibuat Senator Graham akhir pekan lalu.

“Mengingat situasi saat ini di Timur Tengah, sangat tidak dapat diterima untuk mengangkat diskusi yang mengutip bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebagai contohnya,” kesal Kamikawa, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (17/5/2024).



Diplomat top Jepang itu mengkritik penilaian Graham, dengan menyatakan: “Bencana Hiroshima dan Nagasaki tidak boleh terulang kembali”.

"Jepang bertujuan untuk mempromosikan pemahaman yang tepat mengenai realitas destruktif senjata nuklir," paparnya.

Pada hari Minggu, Senator Lindsey Graham dari Partai Republik membela serangan Israel terhadap Gaza saat tampil di acara “Meet the Press” di NBC, yang menggambarkan kesamaan dengan penggunaan bom atom dalam Perang Dunia II.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden menghadapi reaksi keras pada 9 Mei atas pengumumannya untuk menangguhkan bantuan senjata ke Israel jika terjadi serangan besar di Rafah, Gaza selatan, yang menuai kritik dari Partai Republik dan Israel.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)
pixels