4 Hal yang Diketahui soal Serangan Balik Israel terhadap Iran

Senin, 22 April 2024 - 12:56 WIB
loading...
A A A
Sebuah laporan di New York Times mengutip dua pejabat Israel dan tiga pejabat Iran yang mengatakan tentara Israel telah melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran Iran.

New York Times lebih lanjut melaporkan bahwa para pejabat Iran mengonfirmasi serangan telah menghantam pangkalan udara militer dekat Esfahan.

Bloomberg menulis bahwa Israel telah memberi tahu pejabat AS sebelum serangan itu terjadi.

Menteri luar negeri Italia menyatakan bahwa AS memberi tahu para menteri luar negeri G7 bahwa mereka telah menerima informasi "menit-menit terakhir" dari Israel tentang operasi yang akan datang di Iran.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menolak mengomentari serangan Israel terhadap Iran, dengan menyatakan bahwa Washington tidak berpartisipasi dalam operasi ofensif apa pun.

Sekitar waktu yang sama dengan insiden di Iran, kantor berita Suriah; SANA, melaporkan Israel telah menembakkan rudal ke unit pertahanan udara di selatan negara itu, yang terletak tepat di sebelah barat Esfahan, sekitar 1.500 kilometer jauhnya.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan bahwa serangan itu menargetkan radar militer yang digunakan oleh pemerintah.

2. Apa Saja Target Serangan Israel?


Ketika media pemerintah Iran mengonfirmasi bahwa sistem antimisil diaktifkan di Pangkalan Udara Shekari ke-8 di Esfahan, dan media AS mengonfirmasi pentingnya pangkalan udara tersebut sebagai pangkalan udara utama, perhatian pasti terfokus pada lokasi spesifik tersebut.

Ini adalah salah satu dari 17 pangkalan udara aktif tentara Republik Islam, yang dikenal sebagai "jantung pertahanan udara negara" karena lokasinya di salah satu bagian paling sentralnya.

Armada pesawat F-14 Tomcat Iran—yang dibeli sebelum Revolusi Islam 1979—bermarkas di pangkalan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)