Citra Satelit Tunjukkan Pangkalan Udara Israel Hancur Akibat Serangan Drone dan Rudal Iran

Minggu, 21 April 2024 - 16:03 WIB
loading...
Citra Satelit Tunjukkan Pangkalan Udara Israel Hancur Akibat Serangan Drone dan Rudal Iran
Citra satelit menunjukkan efektivitas serangan rudal dan drone Iran ke Israel. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Serangan Iran terhadap pangkalan udara gurun Israel pekan lalu sebagai bagian dari serangan Teheran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap negara itu merusak taxiway. Itu menunjukkan serangan Iran mampu menarget pangkalan strategi israel berdasarkan gambar satelit yang dianalisis oleh The Associated Press.

Kerusakan keseluruhan yang terjadi di pangkalan udara Nevatim di Israel selatan tergolong kecil meskipun Iran meluncurkan ratusan drone, rudal balistik, dan rudal jelajah. Pertahanan udara dan jet tempur Israel, yang didukung oleh AS, Inggris, dan negara tetangga Yordania, berhasil menembak jatuh sebagian besar tembakan yang masuk.

Namun serangan Iran akhir pekan lalu menunjukkan kesediaan Teheran untuk menggunakan persenjataan rudal balistiknya yang luas secara langsung terhadap Israel ketika ketegangan masih tinggi di Timur Tengah terkait perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Serangan balasan Israel pada hari Jumat terhadap Isfahan, Iran, dan tanggapan rendah Teheran terhadap serangan tersebut menunjukkan bahwa kedua negara ingin menghentikan perang bayangan mereka yang sudah berlangsung lama untuk saat ini – meskipun risiko konflik yang lebih luas di wilayah tersebut masih ada.



Gambar Planet Labs PBC, yang diambil pada hari Jumat untuk AP, menunjukkan lapisan aspal baru melintasi jalur taksi dekat hanggar di bagian selatan pangkalan udara Nevatim, sekitar 65 kilometer (40 mil) selatan Yerusalem.

Surat kabar harian Haaretz, yang menerbitkan gambar-gambar beresolusi lebih rendah dari situs tersebut pada hari Kamis, mengidentifikasi hanggar di dekatnya sebagai tempat tinggal pesawat kargo C-130 yang diterbangkan oleh skuadron transportasi.

Citra satelit tersebut sesuai dengan rekaman yang sebelumnya dirilis oleh militer Israel, yang menunjukkan peralatan konstruksi sedang bekerja di taxiway yang rusak. Sebuah hanggar di latar belakang video mencerminkan apa yang terlihat di dekatnya.

Gambar lain yang dirilis oleh militer Israel menunjukkan lubang di pasir dan kerusakan di bawah tembok yang dikatakan berasal dari serangan Iran. Kerusakan kecil yang terlihat di pangkalan udara pada gambar satelit secara langsung bertentangan dengan upaya Iran untuk menggambarkan serangan itu sebagai kemenangan besar bagi masyarakat yang terasing oleh perekonomian Republik Islam yang sedang lesu dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat dalam beberapa tahun terakhir.

“Operasi ini menjadi tanda kekuatan Republik Islam dan angkatan bersenjatanya,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi pada hari Jumat. “Ini juga menunjukkan tekad baja bangsa kita dan pemimpin kita yang bijak, panglima seluruh kekuatan.”

Namun, hal ini menunjukkan bahwa persenjataan Iran mempunyai kemampuan untuk menjangkau Israel, karena serangan tanggal 13 April menandai serangan militer langsung pertama terhadap negara tersebut yang dilakukan oleh pasukan AS, negara yang berkuasa sejak diktator Irak Saddam Hussein meluncurkan rudal Scud ke Israel pada Perang Teluk tahun 1991.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)