6 Kesalahan Kalkulasi Perang Iran dan Israel

Kamis, 18 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Mungkin klise jika merujuk pada Perang Dunia I, namun cara pembunuhan di Sarajevo memicu serangkaian peristiwa yang menyeret negara-negara ke dalam perang, terkadang bertentangan dengan penilaian mereka, dan membunuh jutaan orang adalah pelajaran dari sejarah yang tidak boleh ditiru. terlupakan.

Namun perang tidak bisa dihindari, dan negara-negara bisa bangkit dari keterpurukan. Perang dingin sebelumnya yang mengancam akan memanas adalah contoh yang berguna. Krisis Rudal Kuba tahun 1962 menyebabkan Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet hampir saja mengalami perang nuklir yang membawa bencana.

Sebuah resolusi akhirnya tercapai, untuk menghindari bahaya tersebut, meskipun kedua negara tetap bermusuhan selama beberapa dekade setelahnya.

Hal itu juga bisa terjadi hari ini. Namun resolusi apa pun untuk menghindari krisis saat ini tidak bisa hanya terjadi antara Iran dan Israel. Hal ini harus mengetahui akar penyebab mengapa kawasan ini berada di ambang perang saat ini: perang Israel yang menghancurkan Gaza.

6. Konflik Iran dan Israel Tidak Akan Berhenti Selama Palestina Ditindas

Selama konflik masih berlangsung dan selama Israel terus melakukan pembunuhan terhadap warga sipil, akan selalu ada pemicu potensial yang dapat menyeret seluruh kawasan ke dalam perang yang melemahkan.

Selain itu, ketidakmampuan negara-negara besar dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina, yang merupakan permasalahan paling sulit diselesaikan di kawasan ini, akan terus menjadi sumber ketidakstabilan. Selama masalah ini masih belum terselesaikan dan pendudukan ilegal atas wilayah Palestina terus berlanjut, maka potensi wilayah tersebut untuk terjerumus ke dalam perang akan tetap ada, dan menunggu apa pun yang akan terjadi.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)