6 Kesalahan Kalkulasi Perang Iran dan Israel

Kamis, 18 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Para pejabat Iran juga berulang kali menegaskan bahwa negara-negara di kawasan telah diperingatkan 72 jam sebelum serangan – bukan tindakan negara yang berencana menimbulkan kerusakan material yang parah.

3. Israel Akan Membalas Serangan Iran dengan Kapasitas Terbatas

Apa yang terjadi selanjutnya? Ada kemungkinan besar bahwa Israel akan merespons secara militer dalam kapasitas tertentu. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang telah lama memproyeksikan dirinya sebagai seorang yang agresif dalam bidang keamanan dan orang yang menjaga Iran tetap pada tempatnya, tidak mungkin membiarkan serangan langsung dari Iran berlangsung tanpa tanggapan.

Israel, terutama kelompok sayap kanan seperti Netanyahu, bangga dengan persepsi bahwa mereka adalah kekuatan militer utama di Timur Tengah, dan pencegahan sangat penting untuk mempertahankan citra tersebut, terutama setelah kerusakan yang ditimbulkan Hamas dalam serangannya pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel.

4. AS Tetap Menjadi Kunci

6 Kesalahan Kalkulasi Perang Iran dan Israel

Foto/AP

Namun, meskipun Amerika Serikat dan sekutu-sekutu lainnya pada awalnya tegas mendukung Israel dalam perang di Gaza, mereka berusaha mati-matian untuk membujuk Netanyahu agar tidak menanggapi Iran dan berisiko melancarkan perang yang akan membuat banyak orang, khususnya Washington, merasa berkewajiban untuk ikut serta. di dalam.

“Ambillah kemenangan,” kata Presiden AS Joe Biden kepada Netanyahu, karena ingin menghindari perang AS yang merugikan di Timur Tengah pada tahun pemilihan umum, ketika popularitasnya sudah terpukul oleh dukungannya terhadap Israel karena pasukan Israel telah menewaskan hampir 34.000 warga Palestina di Gaza.

Pemerintahan Biden kemungkinan besar mengetahui bahwa Israel akan menyerang – Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron telah mengakui hal tersebut – namun pemerintahan Biden akan memberikan tekanan pada Netanyahu untuk membatasi pembalasannya dan kemudian berharap bahwa Iran tidak menanggapi dan semua orang akan kembali melakukan serangan. perang proksi dingin yang telah diikuti Israel dan Iran selama bertahun-tahun.

Tampaknya semua orang – kecuali, mungkin, beberapa tokoh mesianis di pemerintahan Israel – ingin menghindari perang habis-habisan yang akan berdampak buruk bagi semua pihak yang terlibat dan wilayah yang lebih luas.

Tetapi hal ini tidak berarti bahwa masing-masing pihak tidak mendapatkan hasil yang diharapkan, yang semuanya berpotensi mengarah pada konflik yang tampaknya ingin mereka hindari.

Israel ingin membangun kembali pencegahannya dan ingin mengambil keputusan terakhir.

Iran tidak ingin terlihat lemah atau gagal menanggapi meningkatnya serangan Israel.

Sekalipun masing-masing pihak hanya menginginkan hal tersebut dan bukan konflik yang berkepanjangan, kesalahan perhitungan tetap saja terjadi, dan rencana yang telah disusun dengan baik sering kali bisa gagal.

5. Perang Dunia III Bisa Dipicu Perang Iran dan Israel

6 Kesalahan Kalkulasi Perang Iran dan Israel

Foto/AP
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2748 seconds (0.1#10.140)